Microsoft Janji Dorong Pertumbuhan Komunitas Pengembang di Indonesia 

Microsoft Janji Dorong Pertumbuhan Komunitas Pengembang di Indonesia 

Terkini | inews | Selasa, 30 April 2024 - 18:00
share

JAKARTA, iNews.id - Kedatangan CEO Microsoft Satya Nadella ke Indonesia berinvestasi, tapi juga melatih talenta yang ada di Indonesia. Ini didiketahui dari pejelasan bos Microsoft saat menghadiri acara Microsoft Build: AI Day di Jakarta Convention Center (JCC) hari ini (30/4/2024).

Sebanyak 840.000 orang di Indonesia disebut akan mendapatkan pelatihan keterampilan Microsoft AI. Nadella mengatakan pelatihan dan dukungan akan diberikan melalui kemitraan dengan pemerintah, organisasi nirlaba, dan perusahaan, serta komunitas.

Pelatihan keterampilan ini diharapkan dapat memberikan banyak manfaat. Misalnya, pelatihan keterampilan AI kepada siswa sekolah menengah kejuruan melalui program AI TEACH for Indonesia.

Nadella menyoroti peran penting pengembang dalam memanfaatkan AI demi memenuhi potensi Indonesia sebagai negara ekonomi digital.

Microsoft akan terus membantu mendorong pertumbuhan komunitas developer di Indonesia melalui inisiatif baru seperti AI Odyssey, yang diharapkan dapat membantu 10.000 developer Indonesia menjadi ahli di bidang AI, dengan mempelajari keterampilan baru dan mendapatkan sertifikat kredensial Microsoft, tutur Nadella.

Microsoft melihat lebih dari 3,1 juta pengembang di Indonesia sudah menggunakan GitHub, platform pengembangan software, kolaborasi, dan inovasi milik Microsoft. Jumlah ini menjadikan Indonesia sebagai rumah bagi komunitas pengembang GitHub terbesar ketiga di kawasan Asia-Pasifik setelah India dan China.

Indonesia bahkan diproyeksikan menjadi salah satu dari lima komunitas developer terbesar di GitHub secara global pada 2026. Selain itu, Indonesia juga merupakan salah satu kelompok dengan pertumbuhan developer tercepat di Asia Pasifik, dengan peningkatan jumlah developer di GitHub mencapai 31 persen dari tahun ke tahun (year-on-year) pada 2023.

Selain itu, Indonesia juga menyaksikan pertumbuhan jumlah proyek AI generatif publik di platform GitHub hingga 213 persen dari tahun ke tahun pada 2023.

Topik Menarik