Gaji Wasit Piala Dunia, Nominalnya Bisa Mencapai Tiga Digit!

Gaji Wasit Piala Dunia, Nominalnya Bisa Mencapai Tiga Digit!

Olahraga | inews | Selasa, 30 April 2024 - 17:42
share

JAKARTA, iNews.id - Gaji wasit Piala Dunia tentu menarik untuk disimak. Seluruh cabang olahraga, tak terkecuali sepak bola membutuhkan seorang wasit dalam setiap pertandingan yang dilakoni oleh kedua kesebelasan. 

Peran wasit di setiap laga sepak bola tentu sangat penting. Ia harus jeli dalam mengambil keputusan dan tidak memihak kepada salah satu tim alias netral. Selain itu, setiap orang yang ingin terjun ke dunia wasit haruslah melewati berbagai seleksi ketat, program latihan, dan kursus wasit. 

Terlebih lagi untuk memimpin laga sekelas Piala Dunia. Tentunya, FIFA selaku pihak penyelenggara ajang sepak bola empat tahunan itu memilih dan menyeleksi sosok pemimpin pertandingan secara objektif. 

Gaji Wasit Piala Dunia


Menurut laman AS Sports, Selasa (30/4/2024), FIFA pada penyelenggaraan Piala Dunia 2022 Qatar telah menggelontorkan dana lebih dari US$300 Ribu atau setara dengan Rp4,6 miliar (Rp15.588/US$). 

Wasit utama yang memimpin satu laga di babak fase grup mendapatkan bayaran US$3000 atau Rp46 juta. Lalu, di babak 16 besar bayaran mereka akan naik cukup drastis di angka US$10 Ribu atau Rp155 juta. 

Sementara itu, seorang asisten wasit yang bertugas di babak penyisihan grup mengantongi bayaran US$2500 atau Rp38,9 juta. Nominal untuk di babak 16 besar adalah US$5000 atau sekitar Rp77,9 juta. 

Jika ditotal secara keseluruhan, FIFA telah menggelontorkan dana hingga US$150 Ribu atau Rp2,3 miliar untuk membayar asisten wasit hingga laga puncak final Piala Dunia 2022. 

Satu wasit yang bertugas di setiap laga Piala Dunia yakni wasit VAR atau Video Assistant Referees. Wasit VAR mendapatkan bayaran US$3000 atau jika dirupiahkan mencapai Rp46 juta untuk setiap laganya. 

Demikian ulasan mengenai gaji wasit Piala Dunia. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik