Perkelahian Sesama Kelompok WNI di Korsel Berujung Maut, 1 Tewas dan 4 Luka-luka

Perkelahian Sesama Kelompok WNI di Korsel Berujung Maut, 1 Tewas dan 4 Luka-luka

Berita Utama | inews | Selasa, 30 April 2024 - 17:25
share

JAKARTA, iNews.id - Seorang warga negara Indonesia (WNI) di Korea Selatan (Korsel) meninggal dunia setelah terlibat perkelahian sesama kelompok WNI di Dalseo-gu, kota Daegu, pada 28 April 2024. Selain korban jiwa, empat WNI lainnya mengalami luka-luka dalam peristiwa ini.

Menurut Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu, Judha Nugraha, KBRI Seoul telah berkoordinasi dengan Kepolisian setempat, tokoh masyarakat/perkumpulan WNI, dan Forum Komunikasi Organisasi-organisasi Massa (Fokomasi) untuk menenangkan situasi dan membantu proses investigasi.

"Pihak kepolisian telah menahan 1 WNI terduga pelaku penusukan," ujar Judha.

Hingga saat ini, penyebab pasti perkelahian masih belum diketahui secara jelas. Penyelidikan masih terus dilakukan oleh pihak kepolisian setempat.

Judha mengimbau agar para kelompok itu segera menghentikan perselisihan. WNI juga diminta menciptakan suasana tenang dan kondusif di negara yang ditinggalinya saat ini. 

"Kemlu dan KBRI Seoul mengimbau para WNI di Korea Selatan, khususnya para kelompok yang terlibat perselisihan, untuk menghentikan perselisihan dan menciptakan suasana tenang dan kondusif," tuturnya.

Topik Menarik