Pria Bersenjata Tembaki Jemaah Salat di Masjid, 6 Orang Tewas

Pria Bersenjata Tembaki Jemaah Salat di Masjid, 6 Orang Tewas

Terkini | inews | Selasa, 30 April 2024 - 16:52
share

KABUL, iNews.id - Seorang pria bersenjata menembaki jemaah yang sedang melaksanakan salat di sebuah masjid Afghanistan, Senin (29/4/2024) malam. Akibatnya enam orang tewas dan beberapa lainnya luka.

Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan Abdul Mateen Qani mengatakan, seorang pria tak dikenal menembaki jemaah sekitar pukul 21.00 waktu setempat di Distrik Guzara, Provinsi Herat.

“Enam warga sipil menjadi korban dan satu warga terluka,” kata Qani, di akun media sosial X, seperti dikutip dari AFP, Selasa (30/4/2024).

Sementara itu media lokal, Tolo, masjid tersebut dikelola komunitas Syiah.

Belum ada satu pihak pun yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut. Namun kelompok ISIS-K, afiliasi ISIS di Irak dan Suriah, biasa menargetkan komunitas Syiah.

Pemerintahan Taliban sejak mengambil alih kendali pemerintahan Afghanistan pada Agustus 2021 berjanji untuk melindungi agama dan etnis minoritas. Namun pemerintahan Taliban masih memiliki banyak keterbatasan untuk menangkal serangan seperti itu.

Serangan ISIS paling mematikan di Afghanistan selama masa pemerintahan Talibah terjadi pada 2022. Setidaknya 53 orang tewas, yakni 46 anak-anak dan perempuan dewasa, dalam bom bunuh diri di sebuah pusat pendidikan.

Pejabat Taliban menyalahkan ISIS atas serangan terhadap lingkungan Syiah di Ibu Kota Kabul itu.

Topik Menarik