Rizky Ridho Sanksi, Ini 3 Bek Timnas Indonesia U-23 vs Irak pada Perebutan Peringkat 3 Piala Asia U-23 2024

Rizky Ridho Sanksi, Ini 3 Bek Timnas Indonesia U-23 vs Irak pada Perebutan Peringkat 3 Piala Asia U-23 2024

Olahraga | inews | Selasa, 30 April 2024 - 15:42
share

DOHA, iNews.id Rizky Ridho dipastikan absen membela Timnas Indonesia U-23 vs Irak pada perebutan peringkat 3 Piala Asia U-23 2024. Laga tersebut akan dimainkan di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Kamis (2/5/2024) pukul 22.30 WIB.

Sang kapten terjerat sanksi setelah mendapat kartu merah langsung saat Garuda Muda kandas 0-2 dari Timnas Uzbekistan U-23 pada semifinal, Senin (26/4/2024) malam WIB.

Kejadian itu terjadi pada menit ke-84. Kala itu, Rizky Ridho menyapu bola yang dikejar Jasurbek Jaloliddinov, dan benturan pun terjadi.

Awalnya, wasit Shen Yinhao membiarkan bola terus berjalan, sampai akhirnya sang pengadil menghentikan permainan saat Indonesia sedang melakukan serangan.

Setelah berdiskusi dengan Video Assistant Referee (VAR) dan melihat tayangan video, akhirnya wasit asal China itu mengganjar Rizky Ridho dengan kartu merah. Pasalnya, dalam tayang ulang terlihat seolah-olah, dia sengaja menghantam paha Jaloliddinov. Padahal, kaki sang pemain sulit menghindari situasi benturan tersebut.

Dengan hukuman tersebut, Rizky Ridho dipastikan absen pada laga Indonesia vs Irak, Kamis mendatang. Tentu, absennya sang kapten mengurangi soliditas pertahanan Garuda Muda. Sebab, dia merupakan sosok penting dalam kukuhnya pertahanan Timnas Indonesia U-23.

Meski begitu, Timnas Indonesia U-23 tak perlu ciut nyali. Pelatih Shin Tae-yong (STY) masih memiliki pemain untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Ridho.

Absennya Ridho membuat kini STY menyisakan tiga bek tengah, yakni Justin Hubner, Komang Teguh, dan Muhammad Ferrari.

Sebenarnya, Nathan Tjoe-A-On juga bisa dimainkan di posisi itu. Meski begitu, sepertinya STY akan tetap memainkan pemain SC Heerenveen itu sebagai gelandang bertahan demi menjaga keseimbangan sekaligus menyaring serangan lawan dari lini tengah.

Dengan begitu, sepertinya trio Justin Hubner, Komang Teguh, dan Muhammad Ferrari yang bakal diplot STY kontra Irak. Dalam pola tiga bek itu, Hubner kemungkinan yang akan ditugaskan di di tengah, sebagai pembagi bola. Sementara Komang dan Ferrari di kanan dan kiri.

Diharapkan, formasi ini bisa menjadi barikade solid yang tak bisa ditembus para pemain Timnas Irak U-23. Dengan begitu, Timnas Indonesia U-23 bisa punya kans untuk melancarkan serangan untuk bisa memenangkan pertandingan.

Garuda Muda harus bermain fokus dan disiplin untuk bisa menang atas tim muda Singa Mesopotamia itu untuk meraih tiket ke Olimpiade Paris 2024.

Topik Menarik