Banyak Buang Peluang, Pelatih Uzbekistan Akui Terbebani Lolos ke Olimpiade Paris 2024 

Banyak Buang Peluang, Pelatih Uzbekistan Akui Terbebani Lolos ke Olimpiade Paris 2024 

Olahraga | inews | Selasa, 30 April 2024 - 13:35
share

DOHA, iNews.id- Pelatih Timnas Uzbekistan U-23, Timur Kapadze, mengaku timnya tampil dalam tekanan meski mampu mengalahkan Timnas Indonesia U-23 dengan skor 2-0 dalam laga semifinal Piala AFF U-23 2024. Menurutnya, itulah alasan mengapa pasukannya banyak membuang-buang peluang.

Uzbekistan tampil sangat dominan sepanjang pertandingan melawan Indonesia yang berlangsung pada Senin (29/4/2024) malam WIB di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar. Mereka mampu mendominasi penguasaan bola sebanyak 62 persen dan melesatkan 28 tembakan.

Bahkan, terdapat empat peluang membentur tiang gawang yang didapat oleh Abbosbek Fayzullaev dan kolega. Sedangkan Indonesia hanya bisa menembakkan empat tendangan saja selama 106 menit laga berjalan.

Gol pertama Uzbekistan pun baru datang pada menit 68 lewat gol Khusayin Norchaev. Tujuh menit sebelumnya, Skuad Garuda Muda sempat mencuri gol via Muhammad Ferrari, tetapi gol itu dianulir karena dalam prosesnya Ramadhan Sananta, yang memberikan assist, berada dalam posisi offside.

Setelah itu, Serigala Putih Muda -julukan Uzbekistan- unggul jumlah pemain pada menit 84 setelah Rizky Ridho diusir wasit dengan kartu merah langsung usai melanggar Jasurbek Jaloliddinov. Dua menit berselang, mereka pun menyempurnakan kemenangan 2-0 lewat gol bunuh diri Pratama Arhan.

Kendati menang, Timur Kapadze menilai timnya mengalami tekanan yang besar karena harus bisa memastikan diri lolos ke Olimpiade Paris 2024. Kata dia, hal itulah yang membuat anak buahnya banyak membuang-buang peluang sepanjang laga kontra Indonesia.

Tentu kami mendominasi permainan, pemain saya unggul secara taktik maupun fisik. Hari ini kami merasakan tekanan sebab kami harus lolos ke Olimpiade, pemain saya merasakannya, kata Kapadze dalam konferensi pers pasca laga seperti dilansir dari laman resmi AFC, Selasa (30/4/2024).

Itulah kenapa kami menciptakan peluang lebih banyak namun kami tak memaksimalkannya. Indonesia juga menunjukkan penampilan sangat bagus, tambahnya.

Kami bisa lebih baik lagi, tetapi sudah saya bilang, pemain merasakan lebih banyak tekanan. Ini laga penting, itulah kenapa kami membuat sejumlah kesalahan. Namun, kami akan menganalisis pertandingan ini dan memperbaiki kesalahan kami, tuturnya.

Ya, dengan kemenangan atas Indonesia, Uzbekistan lolos ke Olimpiade Paris 2024 sebagai finalis Piala Asia U-23 2024. Finalis lainnya, Jepang, juga mengamankan tiket ke pesta olahraga terakbar di dunia itu setelah membungkam Irak di semifinal juga dengan skor 2-0.

Sedangkan Indonesia dan Irak akan saling bentrok dalam perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024, yang juga menjadi laga penentuan wakil ketiga Benua Kuning yang akan mentas di Paris 2024. Tim yang kalah dalam laga ini akan berjumpa dengan Guinea, yang merupakan tim peringkat keempat Piala Afrika U-23 2023, untuk memperebutkan tiket terakhir ke pesta olahraga terakbar di dunia itu tahun ini.

Pertandingan antara Indonesia dengan Irak dijadwalkan berlangsung pada Kamis (2/5/2024) pukul 22.30 WIB di Abdullah bin Khalifa Stadium. Kemudian, sehari setelahnya partai puncak yang mempertemukan Uzbekistan dengan Jepang digelar pada jam yang sama.

Topik Menarik