Kapten Uzbekistan Puji Penampilan Timnas Indonesia U-23: Mereka Main Sangat Baik!

Kapten Uzbekistan Puji Penampilan Timnas Indonesia U-23: Mereka Main Sangat Baik!

Olahraga | inews | Selasa, 30 April 2024 - 12:51
share

DOHA, iNews.id – Kapten Timnas Uzbekistan U-23, Abdurauf Buriev, memuji penampilan Timnas Indonesia U-23 pada semifinal Piala Asia U-23 2024, Senin (29/4/2024) malam WIB. Pada laga di Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, itu, Garuda Muda kalah 0-2. 

Sejak awal, Uzbekistan tampil agresif. Mereka terus-terusan mengepung pertahanan Indonesia. Garuda Muda harus berjuang mati-matian menghadapinya. 

Setidaknya ada empat kali tendangan pemain tim asuhan Timur Kapadze itu mengenai tiang gawang yang dijaga Ernando Ari.

Kendati selalu tertekan, skuad Garuda Muda sebenarnya mendapatkan momen kebangkitan pada menit 61 ketika Muhammad Ferarri berhasil mencetak gol pembuka. Sayangnya, gol tersebut dianulir oleh wasit karena Ramadhan Sananta berada dalam posisi offside dalam perebutan umpan silang Pratama Arhan sebelum terjadinya gol.

Tak lama berselang, tepatnya pada menit 68, Uzbekistan pun sukses mencetak gol pembuka lewat Khusayin Norchaev. Setelah itu, pada menit 86 Pratama Arhan mencetak gol bunuh diri yang melengkapi penderitaan Indonesia setelah dua menit sebelumnya Rizky Ridho diganjar kartu merah langsung oleh wasit akibat dianggap melakukan pelanggaran keras.

Buriev mengaku senang bisa mempersembahkan kemenangan bagi Uzbekistan. Meski begitu, dia juga mengakui performa apik Indonesia.

“Kami mendedikasikan kemenangan kami untuk para penggemar dan masyarakat kami dan meskipun kami mencapai target pertama kami, kami masih memiliki final yang harus dipersiapkan,” kata Buriev dilansir dari laman resmi AFC, Selasa (30/4/2024).

“Indonesia juga bermain sangat baik tapi kami memenangkan pertandingan ini dan kami akan (melakukan yang terbaik) mempersiapkan diri untuk final berikutnya,” ucapnya.

Dengan kemenangan itu Uzbekistan melangkah ke final Piala Asia U-23 2024 untuk melawan Jepang, yang membungkam Irak pada semifinal lain. Hasil tersebut pun membuat kedua finalis berhasil menyegel tiket ke Olimpiade Paris 2024.

Uzbekistan menjadi tim kedua yang mencapai final Piala Asia U-23 tiga kali dan melakukannya secara berturut-turut setelah sebelumnya juga tampil di final edisi 2022. Kedua rekor tersebut sama dengan milik Arab Saudi, yang mengalahkan mereka dua tahun lalu di partai puncak dengan skor 0-2.

“Ini adalah momen yang sangat besar dalam karier saya (lolos ke Olimpiade) tetapi saya tidak bisa berkata apa-apa (lebih) karena itu adalah pertandingan yang sangat emosional dan kami masih memiliki satu pertandingan yang harus dipersiapkan,” pungkas Buriev, yang masih berusia 21 tahun.

Sedangkan Indonesia dan Irak akan saling bentrok dalam perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024 Laga ini juga menjadi perebutan tiket lolos langsung ke Olimpiade Paris 2024. 

Sementara tim yang kalah dalam laga ini akan berjumpa dengan Guinea, yang merupakan tim peringkat keempat Piala Afrika U-23 2023 dalam playoff perebutan tiket terakhir ke Paris. 

Pertandingan antara Indonesia dengan Irak dijadwalkan berlangsung Kamis (2/5/2024) pukul 22.30 WIB di Abdullah bin Khalifa Stadium. Kemudian, sehari setelahnya partai puncak yang mempertemukan Uzbekistan dengan Jepang digelar pada jam yang sama.

Topik Menarik