Microsoft Gelontorkan Dana 1,7 Miliar Dolar AS untuk Infrastruktur Cloud dan AI di Indonesia

Microsoft Gelontorkan Dana 1,7 Miliar Dolar AS untuk Infrastruktur Cloud dan AI di Indonesia

Terkini | inews | Selasa, 30 April 2024 - 12:26
share

JAKARTA, iNews.id - Microsoft akan menggelontorkan dana 1,7 miliar dolar AS atau sekira Rp27,6 triliun selama empat tahun ke depan untuk infrastruktur cloud dan AI baru di Indonesia. Ini disebut investasi tunggal terbesar dalam 29 tahun sejarah Microsoft di Indonesia.

Selain infrastruktur, perusahaan yang dipimpin Satya Nadella juga membuka kesempatan pelatihan keterampilan AI bagi 840.000 orang dan dukungan terhadap komunitas developer dalam negeri yang terus berkembang.

"Generai baru AI mengubah cara hidup dan bekerja setiap orang di mana pun, termasuk di Indonesia. Investasi yang kami umumkan hari ini, yang mencakup infrastruktur digital, keterampilan, dan dukungan bagi para developer akan membantu Indonesia terus melaju di era baru ini," kata Chairman dan CEO Microsoft Satya Nadella.

Investasi infrastruktur digital ini merupakan kelanjutan dari inisiatif Berdayakan Indonesia yang Microsoft umumkan pada Februari 2021 untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi inklusif. Di dalam inisiatif itu termasuk rencana mendirikan wilayah datacenter pertama perusahaan di Indonesia.

Investasi yang diumumkan hari ini akan memungkinkan Microsoft memenuhi permintaan terhadap layanan komputasi awan (cloud computing services) di Indonesia yang terus meningkat. Ini juga akan memungkinkan Indonesia memanfaatkan peluang ekonomi dan produktivitas signifikan, yang dihadirkan oleh teknologi AI terbaru.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Kearney, AI dapat menyumbang hampir 1 triliun dolar AS terhadap produk domestik bruto (PDB) Asia Tenggara pada 2030, dengan Indonesia diproyeksikan menyerap 366 miliar dolar AS dari jumlah tersebut.

Topik Menarik