BNPB Sebut Bencana Tanah Longsor Sangat Signifikan pada 2024, Tewaskan Puluhan Orang

BNPB Sebut Bencana Tanah Longsor Sangat Signifikan pada 2024, Tewaskan Puluhan Orang

Terkini | inews | Selasa, 30 April 2024 - 11:53
share

JAKARTA, iNews.id - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkapkan tanah longsor terjadi sangat signifikan pada 2024. Bencana itu bahkan menewaskan puluhan orang.

“Ini yang jadi catatan kita di BNPB di tahun 2024 ini, tanah longsor ini sangat-sangat signifikan. Kita tahu di Pesisir Selatan sebelumnya itu ada 28 orang meninggal kemudian di Tana Toraja ada 20 orang meninggal, kemudian Garut terakhir Minggu lalu juga ada 3 orang meninggal,” ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam Disaster Briefing, dikutip Selasa (30/4/2024).

Dia menyatakan, bencana yang cukup signifikan terjadi pada tiga pekan terakhir yakni terkait geologi dan vulkanologi, seperti erupsi Gunung Ruang dan Marapi.

“Jadi sebelumnya ada erupsi Marapi, kemudian ada erupsi Gunung Ruang,” katanya.

Dia mengingatkan warga di sekitar Kabupaten Garut harus mewaspadai bencana selian gempa seperti cuaca ekstrem karena adanya rekahan tanah. 

“Di hari Sabtu ada gempa di Garut cukup signifikan, tetapi sebelumnya yang juga harus kita waspadai Garut ini sebelumnya sebelum gempa ini, satu minggu sebelumnya itu juga mengalami longsor, 3 orang meninggal dunia,” tutur dia.

“Jadi perlu sangat penting untuk diperhatikan bahwa guncangan gempa itu mungkin saja membuat rekahan-rekahan di perbukitan yang juga berpotensi kalau ada turun hujan itu longsor susulan,” ujar dia.

Sebelumnya, BNPB melaporkan 31 bencana melanda Indonesia dalam sepekan terakhir atau 22 sampai 29 April 2024. Bencana tersebut masih didominasi oleh hidrometeorologi basah.

Sebanyak 11 orang tewas akibat peristiwa selama sepekan tersebut.

Topik Menarik