India Yakin Industri Pertahanan Indonesia Bisa Produksi Alustsista secara Mandiri

India Yakin Industri Pertahanan Indonesia Bisa Produksi Alustsista secara Mandiri

Terkini | inews | Selasa, 30 April 2024 - 12:01
share

JAKARTA, iNews.id - Duta Besar (Dubes) India untuk Indonesia, Sandeep Chakravorty meyakini industri pertahanan Indonesia dapat memproduksi alat utama sistem persenjataan (alutsista) secara mandiri. Hal itu dikatakannya dalam seminar sekaligus pameran industri pertahanan India-Indonesia, di Hotel Sultan Jakarta, Selasa (30/4/2024).

Indonesia, kata Sandeep, bisa memanfaatkan Transfer of Technology (ToT) ketika menjalin kerja sama pertahanan dengan negara lain termasuk India.

"Saya sangat yakin bahwa lembaga pertahanan Indonesia dapat mengambil manfaat dari pengalaman dan keberhasilan negara maritim tetangganya," kata Sandeep.

"Kami menyadari bahwa Indonesia juga ingin membangun industri pertahanannya sendiri. Kami ingin berbagi pengalaman dalam upaya ini," katanya.

Menurut Sandeep, Indonesia bisa memanfaatkan seminar hingga pameran pertahanan untuk menggali informasi terkait produksi alutsista.

Mulai dari teknologi kapal selam, pesawat terbang, kendaraan lapis baja dan satelit. Bahkan, kata Sandeep, termasuk di bidang metalurgi, hidrolika, pneumatik, artificial intelligence (Al), amunisi, penelitian dan pengembangan, serta ekosistem start-up.

"Pengalaman inilah yang ingin kami bagikan kepada anda hari ini dan bermitra dengan anda untuk kolaborasi jangka panjang di sektor pertahanan," katanya.

"Kita juga telah melihat beberapa teknologi ini dimanfaatkan secara ganda untuk keperluan sipil, seperti komunikasi atau pemosisian satelit, solusi siber, dan drone," ujar dia.

Topik Menarik