BNPB: 31 Bencana Melanda Sepekan Terakhir, 11 Orang Meninggal

BNPB: 31 Bencana Melanda Sepekan Terakhir, 11 Orang Meninggal

Terkini | inews | Selasa, 30 April 2024 - 09:50
share

JAKARTA, iNews.id - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan, sebanyak 31 kejadian bencana melanda Indonesia dalam sepekan terakhir atau pada 22-29 April 2024. Angka itu masih didominasi bencana hidrometeorologi basah seperti banjir dan tanah longsor.

Dalam satu pekan ada 31 kejadian bencana, masih dominan hidrometeorologi basah meskipun kita sudah di penghujung bulan April ya, kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam Disaster Briefing, Selasa (30/4/2024).

Aam, sapaannya, mengatakan ada 11 orang yang meninggal dunia akibat bencana-bencana tersebut.

Secara umum jadi ini jumlah korban meninggal cukup signifikan ya. Ada 11 jiwa dalam satu minggu. Jadi ini harus menjadi evaluasi kita bersama untuk meningkatkan kesiapsiagaan, katanya.

Sementara itu, dalam 3 minggu terakhir kejadian bencana yang cukup signifikan yakni bencana geologi dan vulkanologi. Jadi sebelumnya ada erupsi Marapi, kemudian ada erupsi Gunung Ruang, katanya.

Bencana tanah longsor juga masih menjadi atensi. Pasalnya dalam sepekan ada 3 orang meninggal akibat longsor.

Beberapa waktu lalu juga terjadi gempa di Garut. Gempa dapat menyebabkan perbukitan menjadi rapuh dan rawan longsor.

Jadi perlu sangat penting untuk diperhatikan bahwa guncangan gempa itu mungkin saja membuat rekahan-rekahan di perbukitan, yang juga berpotensi kalau ada turun hujan itu longsor susulan, kata Aam.

Topik Menarik