STY Tetap Optimistis Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Olimpiade usai Dikalahkan Uzbekistan

STY Tetap Optimistis Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Olimpiade usai Dikalahkan Uzbekistan

Olahraga | inews | Selasa, 30 April 2024 - 09:45
share

DOHA, iNews.id Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong tetap optimistis armadanya lolos ke Olimpiade Paris 2024 meski kalah dari Uzbekistan pada semifinal Piala Asia U-23 2024.

Garuda Muda dipastikan gagal ke final usai kalah 0-2 dari Uzbekistan pada semifinal di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Senin (29/4/2024) malam WIB.

Indonesia sempat unggul lebih dulu pada menit ke-61 lewat gol Muhammad Ferarri. Tetapi gol tersebut dianulir oleh wasit setelah melihat tayangan Video Assistant Referee (VAR). Ramadhan Sananta dianggap offside dalam duel perebutan umpan silang Pratama Arhan sebelum terjadinya gol.

Pada menit ke-68, Indonesia malah kebobolan sontekan Khusayin Norchaev. Kemudian, Rizky Ridho dikartu merah pada menit ke-84, juga setelah wasit mendapat arahan dari VAR karena dianggap melanggar keras Jasurbek Jaloliddinov.

Pelanggaran itu membuat Uzbekistan mendapatkan gol kedua lewat bunuh diri Pratama Arhan pada menit ke-86.

Meski kalah, Shin Tae-yong (STY) masih optimistis skuadnya mampu lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Saya percaya kepada diri sendiri dan para pemain. Kami semua meyakini akan lolos ke Olimpiade. Tapi, saat ini pemain sedang lelah, baik secara mental dan fisik, kata STY dalam konferensi pers pasca laga, Senin (30/4/2024).

Ya, Indonesia masih punya asa meraih tiket Olimpiade Paris 2024 jika bisa finis di peringkat 3 turnamen ini. Garuda Muda akan meladeni Irak yang kalah 0-2 dari Jepang pada semifinal lainnya. Duel perebutan tempat ketiga itu akan digelar di Abdullah bin Khalifa Stadium, Kamis (2/5/2024).

Kami masih mempunyai pertandingan penting pada 2 Mei. Kami harus mendapatkan istirahat yang cukup, dan mempersiapkan diri dengan baik untuk laga berikutnya, ujar STY.

Jika kalah dari Irak, kesempatan terakhir masih dimiliki Garuda Muda, yakni dengan memenangkan laga playoff antarbenua kontra Guinea, peringkat keempat Piala Afrika U-23 2023. Laga tersebut akan digelar di Paris, Prancis, pada 9 Mei mendatang.

Topik Menarik