Timnas Vietnam Tunjuk Kim Sang-sik sebagai Pelatih Gantikan Philippe Troussier

Timnas Vietnam Tunjuk Kim Sang-sik sebagai Pelatih Gantikan Philippe Troussier

Olahraga | inews | Senin, 29 April 2024 - 11:45
share

HANOI, iNews.id Timnas Vietnam dikabarkan telah sepakat menunjuk Pelatih asal Korea Selatan Kim Sang-sik untuk menggantikan Philippe Troussier yang dipecat.

Kabar tersebut dilontarkan media asal Korea Selatan, KBS News. Menurut media tersebut, sang arsitek telah bertemu dengan Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) dan kedua pihak telah berjabat tangan.

Pelatih Kim Sang-sik baru-baru ini bertemu dengan Asosiasi Sepak Bola Vietnam dan menandatangani kontrak untuk melatih tim nasional Vietnam," tulis KBS News, Senin (29/4/2024).

Masa kontraknya adalah dua tahun dan berlangsung hingga Maret 2026, tutur media itu.

Pelatih Kim Sang-sik menganggur dalam setahun terakhir setelah menukangi Jeonbuk Hyundai pada 2021 hingga 2023. Dia dijadwalkan berangkat ke Vietnam akhir pekan ini.

Menurut KBS News, keputusan Pelatih Kim Sang-sik menukangi Timnas Vietnam sangat dipengaruhi Park Hang-seo, yang mencapai hasil terbesar dalam sejarah sepak bola Vietnam.

Park Hang-seo membawa Vietnam meraih peringkat kedua Piala Asia U-23 2018, juara Piala AFF 2018, perempat final Piala Asia Asia 2019, dan meraih medali emas SEA Games 2019 dan 2021.

Namun, usai Park Hang-seo mundur Januari 2023, prestasi Timnas Vietnam langsung anjlok di tangan Pelatih Prancis, Philippe Troussier. Dalam 10 laga terakhir, mereka hanya meraih satu kemenangan dan mengalami 9 kekalahan, termasuk dua kekalahan beruntun dari Timnas Indonesia di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Karena itulah VFF memecat Troussier dan kini kembali menunjuk pelatih asal Korea Selatan. Kim Sang-sik dinilai sebagai orang yang tepat. Meski karier kepelatihannya baru dua tahun, dia tercatat pernah membawa Jeonbuk Hyundai juara K-League dan ke semifinal Liga Champions Asia. Selain itu, Kim Sang-sik juga terpilih sebagai pelatih terbaik K-League pada 2021.

Topik Menarik