Google Doodle Rayakan Tari Rangkuk Alu, Perlihatkan Kaki dalam Kotak Bambu

Google Doodle Rayakan Tari Rangkuk Alu, Perlihatkan Kaki dalam Kotak Bambu

Terkini | inews | Senin, 29 April 2024 - 09:10
share

JAKARTA, iNews.id - Google Doodle merayakan Tari Rangkuk Alu. Bagi sebagian orang mungkin tarian ini sudah tidak asing lagi. 

Saat mengunjungi mesin pencari Google hari ini, Anda akan disuguhkan Doodle yang memperlihatkan kaki sedang dalam kotak bambu. Itu tertanya, Google sedang merayakan Tari Rangkuk Alu..

Menurut penjelasan Google Doodle, Tari Rangkuk Alu dapat diikuti segala usia. Ini berasal dari tarian tradisional dengan nama Rankuk Alu. 

Tongkat bambu disusun dalam kotak di tanah. Sementara beberapa pemain menggerakkan tongkat dengan irama yang terus menerus. Sedangkan yang lainnya melangkah dalam pola yang rumit untuk menghindari bambu. 

Permainan ini berkembang menjadi tarian karena orang-orang melihat kesamanaan antara irama lompatan dan tarian. Para pemula bergerak dalam pola sederhana. 

Sementara penari yang punya keterampilan mampu menavigasi lebih banyak bambu dengan bergerak ke berbagai arah, bermanuver di sekitar tepi dan tengah. 

Instrumen seperti drum dan gambang terkang melengkapi irama pemukulan batang bambu. Penari boleh mengenakan rok panjang, hiasan kepala, atau melambaikan ujung selendang saat menavigasi bambu.

Dibutuhkan fokus untuk menghindari pukulan pada bambu. Pemain akan menggunakan permainan ini untuk melatih ketangkasan, keseimbangan, dan koordinasi. 

Masyarakat Manggarai juga menemukan nilai spiritual dan filosofis dalam tarian tersebut. Masyarakat yang terjun ikut berkontribusi melestarikan kekayaan budaya Tari Rangkuk Alu. 

Topik Menarik