BPBD Jabar: Gempa Garut M6,5 Rusak 154 Rumah Warga, 8 Orang Terluka

BPBD Jabar: Gempa Garut M6,5 Rusak 154 Rumah Warga, 8 Orang Terluka

Terkini | inews | Senin, 29 April 2024 - 06:49
share

GARUT, iNews.id - Plh Kepala Pelaksana BPBD Jabar Anne Hermadiane menyebut 154 rumah warga rusak usai diguncang gempa bumi M6,5 yang dimutakhirkan menjadi M,2 di Garut, Sabtu (27/4/2024). Kerusakan ini dengan kategori bervariasi mulai dari rusak ringan hingga berat. 

"Ada yang rusak berat, sedang dan ringan. Namun ini juga perlu di-reassessment lagi," ujar Anne di Pendopo Garut, Minggu (28/4/2024). 

Dia mengungkapkan, rumah yang mengalami kerusakan berat justru berada di luar Garut. Totalnya ada 5 rumah yang rusak berat. 

Kelima rumah ini empat di antaranya berada di Kabupaten Bandung Barat dan satu sisanya di Kabupaten Pangandaran. Sementara rumah dengan tingkat kerusakan sedang tercatat sebanyak 47 unit. 

"Yang rusak sedang mayoritas terdapat di Kabupaten Garut. Terakhir, ada 102 rumah rusak ringan. Untuk rusak ringan, di Garut ada 33 rumah, sedangkan di Ciamis paling banyak yaitu sampai 40 rumah," katanya. 

Selain membuat rumah warga rusak, gempa tersebut juga merusak beberapa fasilitas umum yang terdiri atas 5 fasilitas kesehatan, 4 sarana pendidikan, 5 tempat ibadah dan perbankan.

"Untuk korban luka ada 8 orang. Sebanyak 6 orang di Garut dan 2 di Ciamis. Namun saat ini sudah pulang ke rumah masing-masing," ucapnya.

Sementara itu, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati yang hadir di Pendopo Garut mengatakan, gempa bumi berpusat di dasar laut. Gempa Garut ini disebabkan terjadinya deformasi.

"Perubahan bentuk batuan di 70 km di bawah permukaan bumi karena terdeformasi. Melengkung akibat disodok lempeng dari arah selatan, akibat pergerakan lempeng Samudera Indo-Australia," kata Rita.

Topik Menarik