Akselerasi Kendaraan Listrik Berbasis Baterai, BRIN Akan Helat Pameran IEMS 2024

Akselerasi Kendaraan Listrik Berbasis Baterai, BRIN Akan Helat Pameran IEMS 2024

Otomotif | inews | Minggu, 28 April 2024 - 21:07
share

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah terus mengekselerasi industri kendaraan listrik (electric vehicle/EV) berbasis baterai. Menyikapi itu, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) akan menghelat pameran teknologi kendaraan Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2024, pada 8-11 Agustus mendatang

Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko mengatakan, IEMS dilaksanakan bertujuan mengakselerasi pembangunan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Event ini menjadi wadah bagi para pelaku industri kendaraan listrik dan komponen terus berkomitmen menyosialisasikan inovasi dan teknologi EV terkini kepada masyarakat Indonesia. 

“Terkait hal itu, BRIN mengajak seluruh stakeholders, produsen, industri dan perusahaan pendukung kendaraan listrik berbasis baterai (full electric vehicle) berpartisipasi menyukseskan IEMS 2024,” ujar Handoko saat Kick Off IEMS 2024 di Gedung BRIN, Thamrin, Jakarta, Minggu (28/4/2024).

Dia menjelaskan, langkah ini merupakan terobosan BRIN sebagai pendukung utama dalam mengedukasi masyarakat tentang peran penelitian dalam mendukung berbagai program pembangunan nasional. Ini penting dalam meningkatkan akses masyarakat dan stakeholder berkolaborasi dengan para peneliti BRIN, seperti inovasi kendaraan listrik.

Handoko menerangkan, perkembangan kendaraan listrik sudah menunjukkan geliatnya di Indonesia. Ini menjadi titik awal BRIN bersama promotor menyelenggarakan IEMS. 

“Tentu saja IEMS akan terus kami dorong sehingga menjadi event yang lebih besar dalam skala nasional dan secara spesifik BRIN terus mengakselerasi pertumbuhan dan ekspansi kendaraan listrik, khususnya kendraan listrik berbasis baterai (full electric vehicle) untuk roda dua dan roda empat.” katanya.

Dalam rangkaian IEMS 2024, akan digelar Konvoi Kendaraan Listrik Langit Biru baik roda dua maupun roda empat. IEMS 2024 juga akan memberikan apresiasi terhadap pelaku industri kendaraan listrik.

"Ini untuk mendorong para produsen kendaraan listrik. Sebab produk kendaraan listrik sudah banyak diproduksi oleh produsen lokal. Khususnya untuk roda dua. Apresiasi ini sebagai salah satu upaya kami mendukung agar produk lokal dapat lebih berkiprah di industri kendaraan listrik,” ujar Handoko.

Sebagai penyelenggaran event, Irwan Rahman, direktur promosi PT Murtila Promosindo menerangkan, pameran IEMS sebagai bentuk dukungan terhadap prakarsa pemerintah dalam pembangunan dan pembinaan di sektor transportasi berbasis kendaraan listrik. IEMS 2024 diharapkan dapat memfasilitasi transfer pengetahuan dan pertukaran teknologi kendaraan listrik, baik di tingkat nasional dan internasional.

“Selain itu, IEMS diharapkan mampu menyediakan ruang bagi pemerintah melakukan pengembangan dan perencanaan pembangunan agar lebih memahami konsep penerapan kendaraan listrik dalam mengurangi emisi gas buang kendaraan,” kata Irwan.

IEMS 2024 yang akan dihelat di Gedung ICC, Kawasan Sains dan Teknologi Soekarno, BRIN Cibinong, Bogor. Event memiliki konsep pameran indoor-outdoor dengan Hall Gedung ICC sebagai pusat dari seluruh kegiatan IEMS. 

Topik Menarik