7 Makanan Khas Cianjur yang Bisa Dijadikan Oleh-oleh 

7 Makanan Khas Cianjur yang Bisa Dijadikan Oleh-oleh 

Terkini | inews | Minggu, 28 April 2024 - 17:34
share

JAKARTA, iNews.id - Makanan khas Cianjur jadi informasi yang menarik untuk dibahas kali ini. Provinsi Jawa Barat menjadi destinasi wisata yang disukai oleh warga Jakarta dan sekitarnya. 

Salah satu daerah di Jawa Barat yang menarik untuk dikunjungi adalah Cianjur. Daerah berjuluk Kota Sembilan Gunung ini memang layak jadi tujuan wisatawan karena udaranya yang segar dan menenangkan. 

Selain udaranya yang segar, Cianjur juga dikenal sebagai salah satu daerah di Negeri Pasundan yang memiliki beragam makanan khas. 

Lantas, apa saja makanan Khas Cianjur? Berikut iNews.id akan berikan informasinya dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (26/4/2024). 

Makanan Khas Cianjur

1. Bubur Ayam Cianjur

Bubur ayam jadi salah satu menu sarapan favorit banyak orang. Suwiran ayam goreng, kecap, sambal, kacang, dan cakwe jadi kombinasi yang khas pada makanan olahan nasi yang dimasak hingga lembek ini. 

Keunikan dari bubur ayam Cianjur dengan daerah lainnya adalah disajikan dengan banyak toping, seperti kerupuk, kacang tanah goreng, seledri, bawang goreng, kecap asin, suwiran daging ayam, hingga cakwe. 

2. Geco Cianjur

Berkunjung ke Cianjur rasanya kurang lengkap jika kamu tidak menyantap Geco Cianjur. Bahan utama makanan satu ini adalah tauge dan tauco. Rasa lezatnya pun hingga kini masih diminati oleh banyak orang. 

Nah, bagi kamu yang ingin menyantap nikmatnya Geco Cianjur dapat mengunjungi kedai geco di Jalan Siti Jenab. Kamu hanya perlu merogoh kocek belasan ribu rupiah saja. 

3. Liwet Jantung Pisang

Terdapat hidangan khas yang sangat unik di daerah Cianjur Selatan, yaitu nasi liwet jantung pisang. Hidangan khas satu ini dapat dinikmati bersama dengan lauk-pauk, seperti ikan goreng dan daging ayam kampung goreng.

4. Kue Mochi

Tidak banyak orang yang mengetahui jika Kue Mochi ternyata berasal dari daerah Cianjur. Kue Mochi dibuat dengan berbagai macam bahan, seperti tepung kanji dan kacang tanah. Kemudian, dilumuri tepung terigu dan dikukus.

5. Sate Maranggi

Sate Maranggi merupakan salah satu kuliner khas Cianjur yang cukup dikenal banyak masyarakat Indonesia. Adapun, cara penyajian masakan satu ini yakni dengan memanggang daging sapi di atas arang. Oleskan bumbu hingga meresap ke dalam daging. 

6. Tauco

Makanan khas yang terkenal lainnya dari Cianjur adalah Tauco. Proses pembuatan bumbu dapur yang mirip dengan sambal ini cukup sederhana. Yakni dengan menggunakan kedelai kuning hasil fermentasi yang direbus atau diawetkan, lalu digiling dan dicampurkan dengan tepung. 

7. Roti Manis Ten Keng Cu

Roti Manis Tan Keng Cu jadi salah satu makanan khas Cianjur yang unik dan paling direkomendasikan. Makanan ini telah menjadi legenda di kota Cianjur sebab resepnya tidak berubah sejak pertama kali berdiri pada 1962 silam. 

Demikian ulasan mengenai makanan khas Cianjur. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik