Wasit China Shen Yinhao Pimpin Timnas Indonesia Vs Uzbekistan, Pernah Rugikan Garuda Muda

Wasit China Shen Yinhao Pimpin Timnas Indonesia Vs Uzbekistan, Pernah Rugikan Garuda Muda

Olahraga | inews | Minggu, 28 April 2024 - 13:24
share

DOHA, iNews.id - Wasit China Shen Yinhao ditunjuk memimpin Timnas Indonesia vs Uzbekistan di semifinal Piala Asia U-23 2024, Senin (29/4/2024) malam WIB. Sang pengadil satu ini punya kenangan yang kurang apik dengan Garuda Muda.

Timnas Indonesia U-23 melaju ke babak empat besar setelah menyingkirkan Korea Selatan via adu penalti 11-10. Di sisi lain Uzbekistan menghajar Arab Saudi 2-0.

Pencinta sepak bola Tanah Air berharap Timnas Indonesia bisa mengalahkan Uzbekistan dan lolos ke final Piala Asia U-23 2024. Jika itu terjadi, Garuda Muda dipastikan akan mendapat tiket Olimpiade Paris 2024.

Wasit Indonesia vs Uzbekistan pun jadi sorotan. Sebab suporter Garuda tak ingin tim kesayangan dirugikan seperti saat kalah 0-2 dari Qatar di matchday pertama Grup A Piala Asia U-23 2024. 

Shen Yinhao ditunjuk AFC untuk memimpin laga Indonesia vs Uzbekistan ditemani dua asistennya Guo Jingtao dan Luo Zheng. Ketiganya sama-sama berasal dari Negeri Tirai Bambu. 

Shen Yinhao yang terkenal tegas memimpin laga-laga internasional FIFA sejak 2018. Dia sudah memimpin tujuh pertandingan dengan mengeluarkan 18 kartu kuning sepanjang 2023-2024.

Sebelumnya Shen Yinhao sudah bertugas pada laga Thailand vs Arab Saudi di Grup C Piala Asia U-23 2024. Dia mengeluarkan empat kartu kuning di laga tersebut.

Jauh sebelum itu, Shen Yinhao punya kenangan kurang apik dengan Garuda. Dia yang memimpin Timnas Indonesia U-23 vs Kamboja di fase grup SEA Games 2023.

Kala itu dia memberikan penalti kontroversial kepada Kamboja yang saat itu menjadi tuan rumah. Padahal bek Indonesia Muhammad Ferrari dalam tayangan ulang melanggar lawan di luar kotak penalti.

Untungnya kiper Timnas Indonesia Adi Satryo bisa menepis sepakan pemain Kamboja. Indonesia pun berhasil menang 2-1 dan meraih emas SEA Games 2023 di akhir kejuaraan.

Topik Menarik