Ibu Ini Menang Duel Lawan Macan Tutul demi Selamatkan Anaknya yang Dimangsa

Ibu Ini Menang Duel Lawan Macan Tutul demi Selamatkan Anaknya yang Dimangsa

Terkini | inews | Sabtu, 27 April 2024 - 10:33
share

LUSAKA, iNews.id - Seorang perempuan di Zambia nekat berduel melawan macan tutul demi menyelamatkan putranya yang dimangsa. Ibu bernama Tidah Mubanga itu berhasil menyelamatkan anaknya berusia 2 tahun setelah berjibaku dengan hewan predator tersebut.

Peristiwa itu terjadi pada Minggu (21/4/2024) di Nabwalya Chiefdom, pemukiman terpencil di sekitar Taman Nasional Luangwa Utara. Lokasi itu merupakan rumah bagi sejumlah besar populasi lima besar satwa liar Afrika.

Mubanga menceritakan, saat itu dia sedang tidur bersama putranya di lahan pertanian. Kemudian dia mendengar suara berisik dan menyaksikan macan tutul sedang menarik kepala putranya.

Tak berpikir panjang, Mubanga berduel dengan macan tutul dengan memukulinya sampai melepaskan gigitan. Macan tutul itu lari meninggalkan lokasi.

Sementara itu sang anak dibawa ke Rumah Sakit Umum Misi Chilonga di Distrik Mpika dengan luka serius.

Pejabat Rumah Sakit Umum Misi Chilonga, Bertin Kalengai, mengatakan tim medis berhasil menghentikan pendarahan di kepala korban. Dia memastikan korban sudah melewati masa-masa kritis dan sedang menjalani pemulihan.

Menurut Kalengai, ini merupakan kasus serangan hewan liar ketiga yang ditangani rumah sakitnya sepanjang 2024.Dua kasus lainnya adalah gigitan buaya. Keduanya juga masih menjalani perawatan.

Pejabat Distrik Mpika David Siame saat mengunjungi korban mengatakan akan berkoordinasi dengan Departemen Taman Nasional dan Margasatwa untuk memastikan kejadian serupa tak terulang.

Saya paham, masyarakat kita hidup dalam ketakutan akibat serangan hewan, namun pemerintah tidak menutup mata terhadap situasi di Nabwalya. Kami sedang berupaya untuk menghentikan serangan tersebut, ujarnya.

Topik Menarik