Hasil BCL Asia 2024: Prawira Bandung Gagal Lolos Babak Utama usai Dikalahkan NS Matrix

Hasil BCL Asia 2024: Prawira Bandung Gagal Lolos Babak Utama usai Dikalahkan NS Matrix

Olahraga | inews | Jum'at, 26 April 2024 - 19:31
share

JAKARTA, iNews.id- Prawira Bandung kalah dalam laga terakhir babak kedua kualifikasi Basketball Champions League (BCL) Asia 2024 kontra wakil Malaysia, NS Matrix Deers. Lewat babak overtime, Yudha Saputera dan kolega kalah dengan skor 87-91.

Dengan hasil tersebut, Prawira gagal melangkah ke babak utama BCL Asia 2024 untuk menemani Pelita Jaya Jakarta, yang sudah lebih dulu dipastikan lolos sebagai juara. Sedangkan NS Matrix Deers berhasil menyegel tiket ke babak utama sebagai runner up babak kualifikasi kedua.

Jalannya Pertandingan

Tampil di Britama Arena, Kelapa Gading, Jakarta, Jumat (26/4/2024) sore WIB, Prawira tampil apik di awal pertandingan. Lewat aksi cemerlang James Gist dan Muhammad Maulana, mereka mampu unggul 9-6.

Namun, setelah itu Prawira mengalami kebuntuan karena NS Matrix mampu bertahan dengan baik. Tim asal Malaysia itu bahkan mampu berbalik unggul 13-9 berkat layup Wee Yiang De.

NX Matrix pun terus menjauh dengan keunggulan 19-13 sampai akhirnya Brandone Francis mencetak tembakan tiga angka yang membawa Prawira mendekat di angka 16-19. Namun, sang lawan mampu mendapat tambahan dua angka lagi lewat jump shot Jordan Tolbert yang membuat kuarter pertama ditutup dengan skor 21-16 untuk keunggulan sang wakil Negeri Jiran.

Pada kuarter kedua, Prawira masih kesulitan untuk mengimbangi permainan lawan sehingga terus tertinggal dalam kedududkan 20-30 dan kemudian 39-28. Namun, mereka sempat bangkit dan bisa memangkas ketertinggalan menjadi 33-39 lewat jump shot James Gist.

Sayangnya, tim asuhan David Singleton itu malah banyak melakukan kesalahan sendiri setelah itu hingga NS Matrix menjauh lagi dengan keunggulan 43-33. Sang lawan pun menutup kuarter kedua dengan skor 48-33.

Begitu kuarter ketiga dimulai, Prawira perlahan-lahan mulai bisa mengembangkan permainan. Mereka bertahan dan menyerang sama baiknya hingga mampu memangkas ketertinggalan menjadi enam poin saja (44-50).

Bahkan, sebuah tembakan tiga angka dari Hans Abraham membuat juara IBL 2023 itu semakin mendekat di angka 50-54. Selisih empat angka itu pun bertahan hingga kuarter tiga berakhir dalam kedudkan 54-58.

Pada awal kuarter keempat tembakan tiga angka Brandone Francis membuat Prawira semakin mendekat di angka 57-58. Namun, setelah menempel di angka 59-60, mereka lengah lagi dan membuat NS Matrix menjauh lagi dengan keunggulan 66-59.

NS Matrix pun sempat unggul delapan poin sebelum Hans Abraham menorehkan tembakan tiga angka yang membuat Prawira memangkas ketertinggalan lagi di angka 65-70. Kemudian, tembakan tiga angka Brandone Prancis membuat sang wakil tuan rumah semakin menipiskan jarak menjadi 68-72 saat laga tersisa 2,5 menit lagi.

Performa gemilang Brandone Francis terus berlanjut hingga Prawira bisa mendekat di angka 74-76. Bahkan, berkat aksi gemilangnya Prawira menyamakan skor menjadi 76-76 saat waktu tersisa 10 detik lagi sehingga membuat laga dilanjutkan ke babak Overtime (OT).

Di babak Overtime Prawira Bandung malah membuat banyak kesalahan lagi hingga NS menjauh dengan keunggulan 81-76. Meski berusaha keras untuk mengejar pada akhirnya mereka kalah dengan skor 87-91.

Topik Menarik