Hasil Liga 1: Arema Dapat 2 Penalti saat Bungkam PSM

Hasil Liga 1: Arema Dapat 2 Penalti saat Bungkam PSM

Olahraga | inews | Kamis, 25 April 2024 - 21:45
share

GIANYAR, iNews.id- Arema FC menang 3-2 atas PSM Makassar dalam laga pekan ke-33 Liga 1 2023/2024. Arema dapat dua penalti di laga ini.

Pertandingan itu berlangsung di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, pada Kamis (25/4/2024) malam WIB. Dengan hasil tersebut, Arema sedikit menjauh dari zona degradasi setelah naik ke posisi 13 klasemen sementara Liga 1 2023-2024 dengan satu laga tersisa di musim reguler.

 Mereka terpaut empat angka dari Persita Tangerang yang ada di urutan 16, tetapi masih bisa tergeser oleh RANS Nusantara yang ada di posisi 15 dan masih belum memainkan laga pekan ini.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Belum dua menit laga dimulai, PSM sudah berhasil menjebol gawang Arema. Sebuah kesalahan kontrol bola di lini belakang oleh Bagas Adi membuat Yakob Sayuri mencuri bola dan langsung mengirimkan umpan silang yang disambar oleh Adilson Silva dengan sebuah tendangan mendatar yang tak mampu dihalau oleh Teguh Amiruddin.

Lima menit kemudian, Arema nyaris menyamakan kedudukan tetapi tendangan Dedik Setiawan mengarah tepat ke pelukan Reza Arya Pratama. Setelah itu terjadi jual beli serangan antara kedua tim dalam tempo yang cepat.

Pada menit 30 akhirnya usaha yang dilakukan Singo Edan -julukan Arema- membuahkan tendangan penalti. Charles Lokolingoy yang ditunjuk sebagai algojo pun sukses menjalankan tugasnya dengan baik sehingga membuat skor imbang 1-1.

Tujuh menit berselang, PSM mengancam pertahanan tim tuan rumah lewat tendangan keras Kenzo Nambu, namun bola masih bisa dihalau oleh Teguh Amiruddin. Pada menit 40, gantian Arema yang menebar ancaman, tetapi tandukan Dendi Santoso masih menyamping tipis di sisi gawang.

Terus menekan, pada menit 45+1, Arema sukses berbalik unggul 2-1 lewat gol Julian Guevara yang melepaskan tendangan mendatar ke pojok kiri bawah gawang setelah menyambut umpan tarik Lokolingoy. Skor itu pun bertahan hingga babak pertama usai.

Babak Kedua

Tertinggal satu gol, Juku Eja -julukan PSM- mengambil inisiatif serangan lebih dulu begitu babak kedua dimulai. Mereka pun menggertak pada menit 49 via sepakan jarak jauh Adilson Silva yang masih melambung tipis di atas mistar gawang.

Pada menit 64, tim asuhan Bernardo Tavares itu pun mendapatkan peluang emas ketika bola liar di kotak penalti menghampiri kaki Kenzo Nambu. Sayangnya, pemain asal Jepang itu gagal mengeksekusi bola dengan baik sehingga tendangan volinya melambung juga ke atas mistar gawang.

Enam menit kemudian, lewat serangan balik cepat Lokolingoy lolos dari jebakan offside. Namun sayang, sepakannya bisa diadang oleh Reza Arya padahal sudah berhadapan satu lawan satu saja.

Singo Edan mendapatkan hadiah penalti lagi dari wasit pada menit 73 setelah Reza Arya menjegal Johan Alfarizi. Lokolingoy yang kembali ditunjuk sebagai eksekutor lagi-lagi mampu melaksanakan tugasnya dengan apik sehingga membuat timnya menjauh dengan keunggulan 3-1.

Tak menyerah begitu saja, PSM berusaha keras untuk mengejar ketertinggalan. Hasilnya, mereka mampu merubah skor menjadi 2-3 pada menit 84 setelah Muhammad Mufli Hidayat mencetak gol dengan sontekannya di mulut gawang Arema yang memanfaatkan umpan tarik Kenzo Nambu.

Intensitas tinggi terus berlangsung hingga menit-menit akhir pertandingan, tetapi tak ada gol lagi yang tercipta hingga peluit panjang dibunyikan. Alhasil, Arema sukses mengamankan kemenangan dengan skor 3-2 atas PSM.

Berikut adalah susunan pemain Arema FC vs PSM Makassar:

AREMA (4-3-3) Teguh Amiruddin; Achmad Maulana, Syaeful Anwar, Bagas Adi Nugroho, Johan Alfarizi; Julian Guevara, Jayus Hariono, Samuel Gideon Balinsa; Dedik Setiawan, Dendi Santoso, Charles Lokolingoy.

Cadangan: Bayu Aji, Ariel Lucero, Muhammad Rafli, Rifad Marasabessy, Ginanjar Wahyu, Flabio Soares, Dicki Agung Setiawan, Achmad Figo, Charles Raphael de Almeida, Greg Nwokolo.

Pelatih: Widodo C. Putro

PSM (3-5-2): Reza Arya Pratama; Yuran Fernandez, Erwin Gutawa, Safrudin Tahar; Yakob Sayuri, Muhammad Arfan, Akbar Tanjung, Yance Sayuri, Kenzo Nambu; Adilson Silva, Ricky Pratama.

Cadangan: Muhammad Mufli Hidayat, Muhammad Ardiansyah, Victor Dethan, Ananda Raehan, Sulthan Zaky, Rasyid Bakri, Andy Harjito, Rizky Eka Pratama, Joao Pedro Silva de Freitas, Adil Nur Bangsawan.

Pelatih: Bernardo Tavares

Topik Menarik