Amran Ungkap Fenomena Aneh di Sektor Pertanian: Hujan Tiba-tiba Berhenti dan Tanaman Hangus

Amran Ungkap Fenomena Aneh di Sektor Pertanian: Hujan Tiba-tiba Berhenti dan Tanaman Hangus

Ekonomi | inews | Kamis, 25 April 2024 - 16:14
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengungkap adanya fenomena aneh yang terjadi di sektor pertanian Indonesia. Menurutnya, keanehan ini terjadi di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Hal itu disampaikan dalam acara Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kementerian Pertanian dengan Kepolisian Negara RI, Kamis (25/4/2024). Amran menyebut fenomena ini belum pernah terjadi sebelumnya.

Dengan keanehan yang berlangsung, katanya, hal kni menyebabkan para petani merugi dengan jumlah yang sangat fantastis, mengingat fenomena ini terjadi di banyak lahan di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Ada fenomena yang kami tidak pernah temukan, Jawa Tengah Jawa Timur kami mencoba tanam tetapi tiba-tiba hujan terhenti. Itu 2 minggu semua tanaman hangus," ujar Amran di sela-sela sambutannya.

"Itu kerugian ratusan miliar sampai triliunan, seketika. Bisa dibayangkan petani biayanya hilang. Kelihatan ada hujan tapi setelah tanam tiba-tiba terhenti, 2 minggu-3 minggu (tidak hujan) sehingga tanaman kita mulai dari nol kembali," tutur dia.

Lebih lanjut, ia sendiri memang mengakui bahwa saat ini dunia tengah mengalami krisis pangan akibat adanya disrupsi perubahan iklim. Ia menyampaikan bahwa sekarang sedang terjadi pemanasan global 1,2 derajat dan menuju 1,5 derajat 2030.

Ia mengatakan jika ini terus terjadi, maka akan menjadi ancaman bagi pangan dunia dan Indonesia resistensi 7-16 persen rentan kelaparan.

"Ini terberat sepengetahuan kami mengenal pertanian, ini lah situasi terberat tahun ini. Kalau krisis kesehatan terjadi kita masih menggunakan masker, tapi kalau sudah terjadi krisis pangan, itu sudah pasti melompat ke krisis politik dan terjadi konflik sosial di antara kita," ujar dia.

Topik Menarik