Permintaan Naik 3 Kali Lipat, Peruri Bakal Garap Bisnis Cetak Paspor

Permintaan Naik 3 Kali Lipat, Peruri Bakal Garap Bisnis Cetak Paspor

Ekonomi | inews | Kamis, 25 April 2024 - 15:00
share

JAKARTA, iNews.id - Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri) mencatat permintaan pembuatan paspor di Tanah Air naik 3 kali lipat sepanjang 2023. Hal ini didorong oleh jumlah warga Indonesia yang ingin berlibur ke luar negeri, setelah pandemi Covid-19. 

Direktur Utama Peruri, Dwina Septiani Wijaya menjelaskan saat ini ada perubahan gaya hidup, terutama keinginan masyarakat melakukan traveling ke negara asing. 

“Tiga kali lipat kurang lebih (kenaikan permintaan paspor), tapi data overseas-nya mungkin harus ke imigrasi, tetapi kita nggak disclose, kita cetak uang berapa, kita cetak paspor berapa, tapi signifikan sekali sih,” kata Dwina saat konferensi pers di Kementerian BUMN, Kamis (25/4/2024). 

“Karena ada dua hal tidak hanya volume, tapi juga speknya meningkat, jadi memang signifikan, mungkin kalau bisa dibilang lebih dari dua kali lipat, jadi hampir 3 kali atau 2,5 kali lipat lah kurang lebih seperti itu, di tahun 2023,” tuturnya. 

Bagaimana rencana pencetakan paspor oleh Peruri. Klik halaman selanjutnya untuk membaca>>>

Dari fenomena kenaikan pembuatan paspor, Peruri berencana memproduksi paspor secara end to and atau dari awal hingga akhir produksi. Saat ini, perusahaan pelat merah ini baru mencetak bagian luar alias cover-nya saja. 

“Jadi dulu Peruri cuman cetaknya saja cover-nya dari mana, cover-nya dari mana, tintanya dari mana, kedepan Peruri berencana untuk memiliki end to end paspor facility, semuanya dilakukan,” tutur dia. 

Dwina menilai, rencana bisnis tersebut sejalan dengan komitmen Peruri mendorong Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dari barang yang diproduksi. 

“Dan kita dapat juga penunjukan oleh imigrasi dan kita juga meningkatkan TKDN, jadi harus diperhatikan salah satu juga yang kita kejar bagaimana TKDN yang barang yang kita bikin meningkat,” beber Dwina.

Topik Menarik