Pulau Tersembunyi di Samudra Pasifik Diperebutkan Rusia dan Jepang, Pantas Keindahannya seperti Ini

Pulau Tersembunyi di Samudra Pasifik Diperebutkan Rusia dan Jepang, Pantas Keindahannya seperti Ini

Travel | inews | Kamis, 25 April 2024 - 10:34
share

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak tempat menakjubkan di Samudra Pasifik yang belum diketahui banyak orang. Salah satunya Kepulauan Kuril yang terletak di antara Laut Okhotsk dan Samudra Pasifik.

Kepulauan Kuril merupakan rangkaian pulau vulkanik yang memiliki bentangan sepanjang 1.300 km dari timur laut Pulau Hokkaido di Jepang hingga Semenanjung Kamchatka di Rusia. Wilayah ini memiliki lanskap menakjubkan dan terbentuk dari proses pergeseran lempengan tektonik, yang menjadikannya bagian dari Cincin Api Pasifik.

Mengutip melalui channel YouTube Jelajah bumi, sejak zaman Edo di Jepang, pulau-pulau ini telah dihuni oleh suku Ainu. Namun, pada tahun 1697, Vladimir Atlasov, seorang penjelajah Rusia, menemukan Kepulauan Kuril, dan sejak itu Rusia mulai mengklaim wilayah ini. Sengketa kepemilikan antara Jepang dan Rusia berlangsung selama ratusan tahun dan menjadi semakin rumit setelah Perang Dunia II, ketika Rusia merebut Kepulauan Kuril dan pulau Sakhalin bagian selatan, serta mengusir ribuan penduduk Jepang.

Hingga saat ini, sengketa masih berlangsung dengan Jepang mengklaim empat pulau di bagian selatan Kuril—Kunasir, Sikotan, Habomai, dan Iturup. Rusia mengendalikan seluruh Kepulauan Kuril, termasuk empat pulau tersebut, dan telah membangun infrastruktur militer di sana. Sengketa ini telah menjadi sumber ketegangan antara kedua negara, dengan upaya diplomatik yang belum menghasilkan solusi yang memuaskan.

Namun, terlepas dari konflik politik dan sejarahnya, Kepulauan Kuril memiliki nilai ekonomi yang signifikan, dengan cadangan minyak dan gas alam melimpah, serta hasil laut yang kaya. Sebagian besar penduduk yang tinggal di Kuril adalah orang Rusia, dan kehidupan ekonomi mereka bergantung pada sektor perikanan, penambangan batu bara, serta ekstraksi minyak dan gas alam.

Akses ke Kepulauan Kuril sangat dibatasi, memerlukan izin khusus, dan biasanya hanya dapat dijangkau dengan pesawat terbang atau kapal. Kendati demikian, kawasan ini terkenal dengan keindahan alamnya yang spektakuler, hutan hijau yang subur, dan deretan gunung berapi yang menjulang tinggi. Bagi mereka yang berhasil mengunjungi pulau-pulau ini, mereka akan menemukan harta karun dalam bentuk keindahan alam dan petualangan yang ekstrem.

Topik Menarik