Turki Kecam Laporan HAM Tahunan AS karena Terapkan Standar Ganda soal Gaza

Turki Kecam Laporan HAM Tahunan AS karena Terapkan Standar Ganda soal Gaza

Berita Utama | inews | Rabu, 24 April 2024 - 00:15
share

WASHINGTON DC, iNews.id – Turki menuduh Amerika Serikat memiliki kebijakan standar ganda terkait dengan hak asasi manusia (HAM). Ankara menilai laporan HAM tahunan yang dirilis Washington DC baru-baru ini gagal mengungkapkan kekejaman Israel di Gaza.

Dalam sebuah pernyataan pada Rabu (24/4/2024), Kementerian Luar Negeri Turki mengatakan sangat prihatin laporan AS itu sama sekali tidak mencerminkan serangan biadab oleh Israel yang sedang berlangsung di Gaza.

Menurut kementerian itu, laporan AS tersebut mengandung motif politik, jauh dari kata netral dan objektivitas. Turki pun mendesak AS untuk menghentikan kebijakan standar ganda mengenai HAM tersebut.

Pasukan Israel telah membunuh lebih dari 34.000 warga sipil di Gaza sejak 7 Oktober 2023. Sebagian dari mereka adalah perempuan dan anak-anak. Daerah kantong Palestina itu pun kini telah rata dengan tanah, dan penduduknya mengalami kekurangan pangan yang ekstrem.

Turki mengecam Israel atas operasi militer di Jalur Gaza dan menyerukan gencatan senjata segera. Ankara juga mengkritik negara-negara Barat atas dukungan tanpa syarat yang mereka berikan kepada Israel.

Dalam laporannya baru-baru ini, Departemen Luar Negeri AS menyebut perang Israel melawan Hamas saat ini mempunyai “dampak negatif yang signifikan” terhadap situasi HAM di Israel. Pernyataan itu tentu terdengar seperti lelucon tak masuk akal, karena faktanya justru Israel membantai puluhan ribu warga sipil di Gaza tanpa pandang bulu.

Pada Senin lalu, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken membantah kritik yang mengatakan bahwa Washington DC menerapkan standar ganda terhadap perbuatan keji Israel.

Topik Menarik