Gelar FGD Pemutakhiran Kurikulum, MNC University Canangkan Pembelajaran yang Selaras dengan Dunia Usaha dan Industri

Gelar FGD Pemutakhiran Kurikulum, MNC University Canangkan Pembelajaran yang Selaras dengan Dunia Usaha dan Industri

Ekonomi | inews | Rabu, 24 April 2024 - 18:02
share

JAKARTA, iNews.id - Di era digital dan kemajuan teknologi, seluruh pihak harus siap menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Untuk itulah pada, Rabu (24/4/2024) siang, Fakultas Komputer (FKOM) MNC University mengadakan Focus Group Discussion (FGD) pemutakhiran kurikulum Program Studi Sistem Informasi dan Ilmu Komputer berlokasi di Gedung MNC University, Jakarta Barat.

Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih enam jam ini melibatkan dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, praktisi teknologi dan dunia industri dari unit bisnis MNC Group, serta perwakilan asosiasi program studi.

Di era digital, lulusan Sistem Informasi dan Ilmu Komputer tentunya sangat dibutuhkan dunia kerja. Menelurkan lulusan unggul dan siap kerja merupakan fokus utama seluruh tim pengajar MNC University.

Namun, tentunya hal ini bukan tanpa tantangan. Dunia akademisi perlu memastikan materi pengajaran di kelas telah sesuai dan terintegrasi dengan kebutuhan dunia profesional. Untuk itulah FGD diselenggarakan dengan mengundang berbagai unsur baik dari dunia akademik maupun profesional.

Praktisi dari unit bisnis MNC Group, yaitu CTO MNC Teknologi Nusantara (MotionPay) Guntur Saputro, CTO MNC Digital Indonesia (RCTI+) Rio Anugrah, serta Deputy CTO PT MNC Kapital Indonesia Tbk Deni Rahmatsyah ikut hadir dalam diskusi pemutakhiran kurikulum dan memberikan gambaran mengenai situasi dunia kerja di bidang teknologi informatika.

Selain diskusi seputar keterserapan lulusan, kegiatan FGD juga berfokus pada pengembangan Capaian Pembelajaran dan Profil Lulusan. Kepala Kurikulum Berbasis KKNI APTIKOM Erwin Budi Setiawan dan Tim Koordinator Forum Program Studi Sistem Informasi APTIKOM Sendy Ferdian Sujadi terjun langsung dalam memberikan saran dan masukan untuk terciptanya kurikulum yang holistik dan komprehensif.

Sebagai salah satu ujung tombak pendidikan, kurikulum tentunya memiliki peran krusial dalam kegiatan pengajaran di MNC University. FGD hari ini memberikan kami input bagaimana merancang Capaian Pembelajaran yang updated dengan dunia usaha dan dunia industri, sehingga mampu menciptakan skills dan kompetensi yang tepat sasaran, dengan demikian lulusan MNC University siap kerja dan mampu bersaing secara global, ucap Dekan FKOM MNC University Bernadetta Kwintiana.

Topik Menarik