NATO Klaim Tak Ingin Mencari-cari Konflik dengan Rusia, tapi…

NATO Klaim Tak Ingin Mencari-cari Konflik dengan Rusia, tapi…

Berita Utama | inews | Selasa, 23 April 2024 - 02:15
share

WARSAWA, iNews.id – NATO mengklaim tidak ingin mencari-cari konflik dengan Rusia. Alasannya, aliansi militer tersebut hanya bersifat pertahanan, bukan menyerang alias ofensif.

"NATO adalah aliansi defensif. Kami tidak mencari konflik dengan Rusia. Namun kami akan menjaga keamanan 1 miliar penduduk kami," kata Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg, pada konferensi pers bersama dengan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak di Warsawa, Polandia, Selasa (23/4/2024).

Dia juga mengatakan, sebanyak 20 atau lebih anggota NATO diperkirakan akan menghabiskan lebih dari 2 persen produk domestik bruto (PDB) mereka untuk belanja pertahanan tahun ini.

Ketika dimintai komentar oleh wartawan mengenai pengeluaran aliansi tersebut yang bernilai miliaran dolar AS untuk bantuan militer ke Ukraina, Stoltenberg mengatakan itu tidak diberikan kepada Kiev secara cuma-cuma. Menurut dia, bantuan tersebut adalah investasi untuk keamanan NATO sendiri. 

Dia menuturkan, Ukraina saat ini sedang berusaha mengurangi kemampuan militer Rusia dengan menggunakan senjata yang dipasok NATO. Kemampuan Moskow dinilainya dapat menimbulkan risiko bagi negara-negara anggota NATO jika Kiev kalah dalam konflik tersebut.

Negara-negara Barat, termasuk Jerman, telah memberikan bantuan militer dan keuangan ke Kiev sejak dimulainya agresi militer Rusia di Ukraina pada Februari 2022. Kremlin sudah berulang kali memperingatkan Barat agar tidak melanjutkan pengiriman senjata ke Kiev, karena itu ibarat menuang minyak ke dalam api yang sudah berkobar.

Topik Menarik