2 Heli AL Malaysia Tabrakan Tewaskan 10 Prajurit, Perayaan HUT Diganti Doa Bersama

2 Heli AL Malaysia Tabrakan Tewaskan 10 Prajurit, Perayaan HUT Diganti Doa Bersama

Berita Utama | inews | Selasa, 23 April 2024 - 16:45
share

KUALA LUMPUR, iNews.id - Kementerian Pertahanan Malaysia mengganti perayaan HUT ke-90 Angkatan Laut Kerajaan Malaysia (Tentara Laut Diraja Malaysia/TLDM) pada Sabtu mendatang dengan doa bersama. Dua helikopter AL Malaysia bertabrakan di udara, Selasa (23/4/2024), menewaskan 10 prajurit saat latihan untuk persiapan parade. 

Menteri Pertahanan (Menhan) Malaysia Khaled Nordin mengatakan doa keselamatan akan menggantikan perayaan HUT ke-90 TLDM.

TLDM telah mengidentifikasi 10 prajurit yang gugur serta menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban. Tiga dari 10 korban adalah perempuan. Semua korban berusia di bawah 40 tahun.

Kecelakaan terjadi di Pangkalan AL Lumut, Perak, sekitar pukul 09.30 waktu setempat. Dalam video yang beredar di media sosial, beberapa helikopter muncul membentuk formasi menyebar dari arah belakang markas. Dua helikopter kemudian bergerak ke kanan dengan jarak saling berdekatan. Satu helikopter mengenai baling-baling helikoper lainnya hingga keduanya jatuh.

Dua helikopter yang terlibat tabrakan adalah Eurocopter AS555SN Fennec dan Agusta-Westland AW-139. Heli Agusta-Westland AW-139, dinaiki 7 orang, jatuh ke stadion Pangkalan AL Kerajaan Malaysia. Sementara helikopter Fennec yang dinaiki 3 orang, jatuh ke kolam renang masih di kompleks yang sama.

Penyebab pasti kecelakaan belum diketahui, tim gabungan dari TLDM, dinas pemadam kebakaran, maupun kepolisian, menyelidiki insiden ini.

Topik Menarik