Viral, Rutin Minum Kopi Disebut Bisa Sembuhkan Diabetes? Cek Faktanya!

Viral, Rutin Minum Kopi Disebut Bisa Sembuhkan Diabetes? Cek Faktanya!

Berita Utama | inews | Selasa, 23 April 2024 - 14:20
share

JAKARTA, iNews.id - Menyeruput kopi sudah menjadi aktivitas yang tidak pernah lepas sehari-hari. Kopi menjadi salah satu minuman yang masih digandrungi, baik oleh kaum muda maupun kelompok usia lanjut.

Bahkan kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup sebagian besar orang. Kebiasaan minum kopi, khususnya kopi hitam sering dikaitkan dengan manfaatnya dalam menyembuhkan penyakit diabetes dan memperbaiki fungsi pankreas.

Namun ternyata, Praktisi Kesehatan Hendri Andreas mengungkap, kopi tidak bisa memperbaiki kondisi tersebut lho. "Minum kopi bisa memperbaiki fungsi pankreas, bisa menormalkan orang yang diabetes? Menurut saya kopi nggak bisa memperbaiki," kata dr Hendri, dikutip dari Instagram @drhendriandreas, Selasa (23/4/2024).

Dr Hendri menjelaskan, mengonsumsi kopi tetapi gaya hidup dan pola istirahat yang tidak beraturan, maka tidak memberikan pengaruh apa-apa. Kebiasaan tersebut justru malah memperburuk kondisi kesehatan.

"Minum kopi tapi aktivitas terus yang terlalu panjang, lifestyle-nya tinggi, makan yang manis-manis, tidurnya cuma 3 atau 4 jam, ya sama aja rusak juga badannya,” ujarnya.

Sebagian orang yang mengonsumsi kopi memang merasakan efek seperti lebih rileks dan lebih ringan menjalani hari. Jika ditambah dengan gaya hidup yang lebih sehat, pola istirahat yang baik, serta mengurangi makanan tinggi karbohidrat, maka kondisi diabetes dan pankreas bisa membaik. 

Namun hal ini tidak serta merta terjadi akibat kopi saja. Akan tetapi ada perubahan gaya hidup dan asupan makanan yang dikonsumsi setiap harinya. "Jadi tidak ada fungsi apa-apa, kecuali kalau dengan kopi tubuh bisa lebih rileks, lebih santai, tidurnya enak, relaksasinya enak, yang kita makan juga rendah karbohidrat, berubah semua ya berubah,” ujar dr Hendri.

"Bukan gara-gara kopinya. Tapi gara-gara makannya, lifestyle-nya yang dijaga bukan karena kopi," katanya.

Oleh karenanya, dr Hendri menjelaskan kopi saja tidak bisa mengobati diabetes dan pankreas. Terlebih jika tidak diiringi dengan gaya hidup serta mengatur konsumsi gula dan karbohidrat hariannya. "Jadi kopi menurut saya tidak bisa memperbaiki keadaan diabetes, tidak bisa memperbaiki pankreas, tidak bisa memperbaiki metabolisme," ujarnya.

Topik Menarik