PLN Bakal Sulap 2.000 Tiang Listrik Jadi SPKLU Pengisian Baterai Mobil

PLN Bakal Sulap 2.000 Tiang Listrik Jadi SPKLU Pengisian Baterai Mobil

Otomotif | inews | Selasa, 23 April 2024 - 13:12
share

JAKARTA, iNews.id - PT PLN (Persero) akan mengubah 2.000 tiang listrik menjadi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Skema ini dianggap bakal mempermudah pemilik kendaraan listrik (EV) mengisi ulang daya baterai.

Direktur Retail dan Niaga PLN Edi Srimulyanti mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan uji coba sebagai upaya PLN dalam menyediakan infrastruktur kendaraan listrik. Ini menjadikan tujuan pemerintah mempercepat penggunaan kendaraan listrik di Indonesia lebih cepat.

“Sudah, sudah berhasil. Sudah oke menggunakan AC berkapasitas 22 kW. Jadi kita taruh di tempat-tempat parkir yang memungkinkan. Tentu kita juga minta izin ya kepada pihak sekitar ada yang sudah dipasang di depan Hotel Bidakara,” ujarnya di Jakarta, Senin (22/4/2024).

Usai uji coba berhasil, Edi mengatakan PLN menargetkan memasang 2.000 SPKLU menggunakan tiang listrik. Penggunaan dan pembayaran juga akan dipermudah dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile.

“Ujinya itu mulai dari uji sentuh sampai terkait ketenagalistrikan. Sudah aman. Kita baru uji coba di tiga lokasi. Target tahun ini kita buat 2.000 unit. Kita pakai PLN Mobile. Sudah bisa dipakai umum,” katanya.

Saat ini, SPKLU tiang listrik baru ada di tiga lokasi di Jakarta sebagai uji coba yang nantinya akan disebar di seluruh Indonesia. Namun, aplikasinya tidak bisa di tempat sembarangan karena menyangkut keamanan.

“Nanti kita lihat ya, karena kan dia ada di luar (outdoor), jadi perlu ada security. Jadi nanti kita investigasi lagi (lokasi yang cocok), kita investarisir mana lokasi-lokasi yang memungkinkan,” ujarnya.

Selain itu, Edi juga menyampaikan penerapan SPKLU tiang listrik ini akan dilihat populasi mobil listrik di wilayah tersebut. Apabila jumlahnya masih sedikit, maka SPKLU yang sudah terbangun dirasa cukup.

“Kita juga tergantung pada populasi mobil ya. Jadi itu pertimbangan (membuka SPKLU tiang listrik). Di mana mobil banyak, kita juga akan banyak. Tapi kan sekarang Sulawesi, Makassar sudah banyak juga ya,” ucapnya.

Topik Menarik