Rangka Berpotensi Keropos, Kawasaki Recall Motor Sport ZX-25R

Rangka Berpotensi Keropos, Kawasaki Recall Motor Sport ZX-25R

Otomotif | inews | Selasa, 23 April 2024 - 10:05
share

JAKARTA, iNews.id – Kawasaki Motor Indonesia (KMI) mengumumkan penarikan kembali (recall) model motor sport ZX-25R. Ini merupakan lanjutan dari kampanye serupa yang telah dilakukan di Malaysia dan Jepang.

Pengumuman recall dilakukan dengan menyebarkan surat edaran kepada para pemilik motor terdampak untuk segera membawa kendaraannya ke bengkel resmi terdekat. Dalam surat tersebut disebutkan lubang pembuangan air atau sistem drainase kurang tepat. Ini menimbulkan genangan air pada satu titik sehingga dapat menyebabkan karat yang berdampak pada rangka keropos.

“Mengutip dari surat edaran tim service PT KMI telah mengeluarkan surat edaran kepada customer Ninja ZX-25R untuk melakukan pemeriksaan kepada komponen rangka di dealer resmi Kawasaki di Indonesia,” tulis Kawasaki dalam keterangan resminya.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Kawasaki akan menambah lubang drainase atau pembuangan air di bagian bawah kiri dan kanan rangka pada semua kendaraan. Jika cat sudah terkelupas, akan dilakukan perbaikan area tersebut dengan mengecat. Perbaikan ini memakan waktu sekitar 1 jam 30 menit.

Seperti diketahui, karatan yang terjadi pada bagian rangka sangat berbahaya karena berisiko patah. Apabila ini terjadi saat berkendara kecepatan tinggi bisa membuat pengendara mengalami kecelakaan serius.

Selain ZX-25R, unit lain yang juga terdampak perbaikan ini adalah Kawasaki ZX-25RR dan ZX-4R. Kawasaki Indonesia tidak menyebutkan berapa jumlah motor atau tahun produksi yang terkena dampak recall tersebut.

Topik Menarik