GP Ansor Gelar Gowes 90 Km, 200 Peserta Tiba di Bekasi

GP Ansor Gelar Gowes 90 Km, 200 Peserta Tiba di Bekasi

Terkini | inews | Senin, 22 April 2024 - 13:07
share

BEKASI, iNews.id - GP Ansor menggelar kegiatan sepeda bersama atau gowes sepanjang 90 km, dimulai dari Jakarta dan berakhir di Pondok Pesantren Al-Baqiatussholihat, Cibarusah, Kabupaten Bekasi, pada Minggu (21/4/2024). Kegiatan gowes ini dalam rangka menyambut hari lahir ke-90 GP Ansor.

Ketua Umum GP Ansor, Addin Jauharudin mengatakan, kegiatan bersepeda santai ini sebagai tanda Ansor akan mengayuh Indonesia Emas 2045. Sebab, bersepeda merupakan olahraga yang dapat mengatur barisan, irama dan sesuai dengan rutenya.

"Dengan gowes itulah kemudian kita akan merasakan orang tua dahulu kita mengalami keperihan yang luar biasa dalam memperjuangkan republik ini," kata Addin di Kabupaten Bekasi, Minggu (21/4/2024).

Selain itu, kegiatan gowes ini sebagai napak tilas perjuangan ulama terdahulu dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

"Para santri dan kiai berjuang dengan kendaraan seadanya, senjata seadanya kita tancapkan melalui gowes dari kantor Ansor ke Cibarusah. Dengan gowes kita akan merasakan keperihan perjuangan ulama dahulu," ucap Addin.

Dalam acara itu, Ketua GP Ansor dan pengurus lainnya melanjutkan ziarah kubur KH Ma'mun Nawawi, seorang ulama dan pahlawan dari Kabupaten Bekasi.

"Kita mempunyai tradisi berbangsa dan bernegara salah satunya adalah menjaga warisan leluhur ziarah, kemudian tradisi, kemudian yang berasimilasi dengan budaya," ujar Addin.

Peran ulama, lanjut Addin, tidak mudah dalam memperjuangkan Indonesia. Maka generasi muda harus merawat negeri dengan benar dan jangan mengotori dengan kebencian.

"Kita punya tradisi salah satunya menjaga warisan leluhur dengan ziarah, merawat tradisi Islam yang berasimilasi dengan budaya yang selama ini jadi pondasi ketenteraman masyarakat," ujarnya.

Topik Menarik