Tim Hukum Ganjar-Mahfud Sebut Solusi Terbaik Pemilu Ulang dan Diskualifikasi Prabowo-Gibran

Tim Hukum Ganjar-Mahfud Sebut Solusi Terbaik Pemilu Ulang dan Diskualifikasi Prabowo-Gibran

Terkini | inews | Sabtu, 20 April 2024 - 19:04
share

JAKARTA, iNews.id - Anggota Tim Hukum Ganjar-Mahfud, Firman Jaya Daeli mengingatkan Mahkamah Konstitusi (MK) untuk menjaga konstitusi dan sistem politik yang demokratis. Dia mengusulkan solusi terbaik yakni pemilu ulang hingga mendiskualifikasi pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

"Memang MK dibentuk didirikan dalam rangka untuk menjaga ketatanegaraan kita, menjaga konstitusionalitas sistem politik yang demokratis, menjaga konstitusionalisme Pilpres kita," kata Firman Jaya Daeli dalam diskusi di kawasan Jakarta Pusat, Sabtu (20/4/2024).

Menurut Firman, demokrasi di Indonesia sudah mengalami kemunduran. Oleh sebabnya, solusi terbaik menyelamatkan demokrasi ialah MK diharapkan bisa melakukan pemungutan suara ulang (PSU) dan mendiskualifikasi pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Jadi demokrasi yang sudah mengalami regresi kemunduran maka solusi terbaik solusi konstitusional adalah ada Pemungutan Suara Ulang dan juga pendiskualifikasian paslon 02," katanya.

Firman kembali menegaskan bahwa MK memiliki wewenang untuk mengabulkan permohonan dari kubu Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Sebab menurutnya Pemilu Pilpres 2024 ini diawali dengan nepotisme yang berujung pada penyalahgunaan kekuasaan atau abuse of power.

"MK karena ini adalah lembaga tunggal yang diberikan kewenangan tertinggi maka tentu dikembalikan kepada MK," tuturnya.

Topik Menarik