Erick Thohir Ungkap Alasan Stasiun Kereta Cepat Karawang Belum Beroperasi

Erick Thohir Ungkap Alasan Stasiun Kereta Cepat Karawang Belum Beroperasi

Ekonomi | inews | Sabtu, 20 April 2024 - 18:46
share

JAKARTA, iNews.id - Stasiun Kereta Cepat Whoosh di Karawang, Jawa Barat, belum beroperasi hingga saat ini. Padahal, Whoosh sudah cukup lama wara-wiri melewati stasiun tersebut. 

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, trafik penumpang Kereta Cepat Whoosh belum maksimal saat ini, meski tiga stasiun lainnya sudah dioperasikan pemerintah.

Okupansi penumpang Whoosh itulah menjadi dasar otoritas belum mengaktifkan stasiun di Karawang, kendati sudah dibangun sejak lama. Adapun, tiga stasiun Kereta Cepat Whoosh yang sudah beroperasi di antaranya Stasiun Halim, Jakarta, Stasiun Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, dan Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung. 

“Kalau kita sekarang apapun akses yang memang secara number of traffic-nya sudah bisa mumpuni, yah kita pasti dukung,” ujar Erick saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Sabtu (20/4/2024). 

“Tapi kalau itu belum mumpuni, nanti akhirnya akan membuat kereta cepat ini ga jadi cepat lagi, karena terlalu banyak berhenti. Cuma kalau secara keekonomiannya sudah ketemu, yah pasti kita dorong,” tuturnya. 

Alasan serupa juga membuat pemerintah belum membangun akses yang menghubungkan jalan tol dengan Stasiun Stasiun Kereta Cepat Karawang. Erick menyebut, pihaknya masih mendorong trafik penumpang dan jika dinilai sudah maksimal maka akses akan segera dibangun. 

“Ya kan sama, akses jalan tol, akses lahan segala, kita akan dorong kalau traffic-nya, ini kan sekarang kita sendiri baru ada adjustment pricing, jam penuh dan jam lenggang. Mungkin aja selama traffic-nya bisa dihitung. kan ujungnya traffic-nya dulu,” katanya.

Topik Menarik