Pengamat Serukan MK Kembali ke Jalan yang Lurus jelang Putusan Sengketa Pilpres

Pengamat Serukan MK Kembali ke Jalan yang Lurus jelang Putusan Sengketa Pilpres

Terkini | inews | Sabtu, 20 April 2024 - 07:36
share

JAKARTA, iNews.id - Pemikir Kebhinekaan Sukidi Mulyadi mengajak Mahkamah Konstitusi (MK) kembali ke jalan yang lurus menjelang putusan sengketa Pilpres 2024. Pasalnya, banyak terjadi dugaan penyimpangan kekuasaan dan praktik nepotisme pada Pemilu 2024. 

“Sebagai penjaga konstitusi, hakim yang mulia mengemban amanah mulia untuk menjaga konstitusi dari kerusakan yang semakin parah. Kerusakan konstitusi itu tercermin pada proses legitimasi nepotisme yang terjadi di MK itu sendiri. Karena itu yang mulia, saya mengajak kepada yang mulia untuk kembali ke jalan yang lurus, jalan siraathal mustaqiim,” kata Sukidi, Sabtu (20/4/2024). 

Doktor jebolan Harvard University itu menyebut apabila para hakim konstitusi kembali ke jalan yang lurus, maka Tuhan akan meridai MK untuk menegakkan konstitusi yang memberikan asas kemanfaatan bagi seluruh rakyat.

Sukidi menambahkan, sebagai penjaga konstitusi, pihaknya berharap para hakim konstitusi bisa mengurai akar masalah Pilpres 2024. Sebab, menurutnya, akar masalah pilpres adalah dugaan nepotisme dan penyalahgunaan kekuasaan oleh presiden sebagaimana disuarakan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Inilah akar masalah utama yang disuarakan secara jernih oleh Bu Megawati. Nepotisme dan dugaan penyalahgunaan kekuasaan oleh presiden,” katanya. 

“Putusan MK Nomor 90 Tahun 2023 adalah praktik nepotisme yang melibatkan ketua MK, presiden dan putra mahkotanya,” tutur Sukidi.

Topik Menarik