Peran 8 Teroris Jaringan JI yang Ditangkap di Sulteng, Pendoktrin hingga Bendahara

Peran 8 Teroris Jaringan JI yang Ditangkap di Sulteng, Pendoktrin hingga Bendahara

Terkini | inews | Jum'at, 19 April 2024 - 18:12
share

JAKARTA, iNews.id - Polri mengungkap peran 8 teroris yang ditangkap di wilayah Sulawesi Tengah pada Selasa 16 April dan Kamis 18 April 2024. Para teroris itu berperan di berbagai bidang.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, mereka merupakan anggota jaringan Jemaah Islamiyah (JI).

"Tim Densus 88 Antiteror Polri berhasil mengamankan beberapa anggota kelompok JI yang secara struktur diketahui menjabat di beberapa bidang," kata Trunoyudo, Jumat (19/4/2024).

Trunoyudo menjelaskan, para tersangka berinisial G, BS, SK, A, MWDS, DK, H dan RF. Ada teroris yang berperan sebagai pendoktrin, ada juga bendahara.

"Para tersangka merupakan anggota kelompok JI yang secara struktur organisasi menjabat di berbagai bidang seperti doktrin atau dakwah, bendahara keuangan, rekruitmen dan lembaga pendidikan," katanya.

Beberapa anggota juga melakukan pelatihan paramiliter di Poso, Sulawesi Tengah. Namun Trunoyudo belum dapat merinci karena kasus ini masih didalami.

"Kelompok JI ini ada yang mengikuti kegiatan pelatihan secara fisik serta mengikuti kegiatan pelatihan paramiliter di Poso, Sulawesi Tengah," katanya.

Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap 1 tersangka teroris anggota jaringan JI di wilayah Sulawesi Tengah pada Kamis 18 April 2024 dan 7 tersangka lain pada Selasa 16 April 2024.

Topik Menarik