5 Contoh Teks Mukadimah Halal Bihalal Idul Fitri Singkat, Bisa Jadi Referensi Para MC!

5 Contoh Teks Mukadimah Halal Bihalal Idul Fitri Singkat, Bisa Jadi Referensi Para MC!

Berita Utama | inews | Jum'at, 19 April 2024 - 14:20
share

JAKARTA, iNews.id - Contoh teks mukadimah halal bihalal Idul Fitri singkat berikut bisa dijadikan referensi oleh para MC atau pembawa acara. Sebagaimana yang telah diketahui, Idul Fitri adalah momen untuk mempererat persaudaraan dan bersilaturahmi.

Oleh karenanya, acara halal bihalal pun banyak digelar pada momen tersebut. Di momen itu, orang-orang yang hadir akan saling bermaaf-maafan dan menambah keakraban.

Namun sebelum memasuki acara inti, pembawa acara halal bihalal biasanya akan membukanya dengan sepatah kata. Adapun contoh pembukaan atau mukadimah acara halal bihalal Idul Fitri, yang dirangkum iNews.id dari berbagai sumber, Jumat (19/4/2024), adalah sebagai berikut.

5 Contoh Teks Mukadimah Halal Bihalal Idul Fitri Singkat

Contoh Pertama 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yang kami hormati .....
Yang terhormat ........

Pertama-tama marilah kita panatkan puji syukur kehadirat Allah atas rahmat dan hidayahNya kepada kita semua, sehinggga pada hari yang berbahagia ini kita masih diberi kenikmatan untuk bertemu bersilaturahmi khususnya dalam acara halal bihalal kali ini. 

Tak lupa sholawat serta salam senantiasa kita curahkan kepada junjungan kita, Nabi besar Muhammad SAW yang sangat kita harapkan syafaatnya di hari kiamat.

Hadirin yang berbahagia, sebagai umat Islam sudah selayaknya kita berlapang dada khususnya terhadap sesama muslim dan muslimah yang sudah barang tentu dalam kehidupan sehari-hari memiliki rasa khilaf, rasa salah dan, rasa berdosa. 

Untuk itu dalam kesempatan yang berbahagia ini kami mengajak hadirin semua untuk melapangkan dada, membuka hati dengan rasa sabar atas ridla Allah, meminta maaf dan memberi maaf atas kesalahan di antara kita baik yang disengaja atau yang tidak disengaja. Semoga Allah mengampuni dosa dan kesalahan di antara kita dan memberikan kekuatan lahir dan batin. Amin. 

Saya juga ingin sekali menyampaikan uapan selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Mohon maaf lahir dan batin.

Selanjutnya saya akan membacakan susunan acara halal bihalal pada pagi hari ini.

Contoh Kedua

Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Assalaamualaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Yang saya hormati Bapak/Ibu hadirin dan teman-teman yang saya cintai.

Untaian kata syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala karena pada hari ini kita bisa berjumpa dan bersilaturahmi dalam rangka halal bihalal untuk merayakan hari kemenangan Idul Fitri setelah satu bulan penuh kita melaksanakan ibadah puasa. 

Sholawat dan salam senantiasa kita haturkan untuk junjungan Nabi Muhammad Shalallahu'alaihiwasalam. Yang telah memberikan tauladan kepada kita semua dan mengubah zaman dari Jahiliyah menuju Islamiyah.

Teman-temanku yang berbahagia, sebelum acara dimulai, perkenankan saya membacakan susunan acara hari ini yang akan diawali dengan pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Quran, sambutan-sambutan, doa penutup dan ramah tamah sekaligus makan-makan. 

Contoh Ketiga

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillah alhamdulillahi robbil alamin wabihi nasta'inu ala umuriddunya waddin ashsholatu wassalamu ala asrofil ambiya iwal mursalin wa ala alihi washohbihi ajmain.

Yang saya hormati Bapak/Ibu hadirin serta para undangan sekalian. 

Perkenalkan saya (sebut nama) selaku MC, akan memandu acara halal bi halal Idul Fitri 1445 H kali ini.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, sebab karena rahmat serta hidayah-Nya di hari yang cerah ini kita masih diberi kesehatan dan kenikmatan. Dengan rahmat Allah tersebut membuat kita bisa bersilaturahmi pada acara halal bihalal seperti saat ini.

Hadirin yang berbahagia, sebelum memulai acara halal bi halal, saya akan bacakan susunan acara pada pagi hari ini, yaitu smbutan ketua umum, pembacaan ayat suci Al-Qur’an, pembacaan doa, penutup dan salam-salaman, lalu diakhiri dengan makan bersama.

Untuk mempersingkat waktu, marilah kita awali acara halal bihalal ini dengan membaca basmalah bersama-sama. Bismillahirrohmanirrohim.

Contoh Keempat

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat pagi, para hadirin yang berbahagia. Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada hari yang berbahagia ini kita dapat berkumpul di sini dalam rangka Halal Bihalal Idul Fitri 1445 Hijriah.
Shalawat serta salam senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, kepada keluarga, sahabat, dan pengikutnya hingga akhir zaman.

Hadirin sekalian,

Momen Idul Fitri yang baru saja kita lewati merupakan momen yang penuh makna dan hikmah. Di bulan suci Ramadhan yang penuh berkah, kita semua telah menjalankan ibadah puasa, tadarus Al-Qur'an, dan berbagai amalan lainnya dengan penuh khusyuk.
Kini, setelah sebulan penuh berpuasa dan beribadah, tibalah saatnya kita merayakan kemenangan dengan saling memaafkan dan bersilaturahmi. Halal bihalal yang kita adakan hari ini merupakan salah satu tradisi yang indah untuk mempererat tali persaudaraan dan memperkuat ukhuwah Islamiyah di antara kita.
Kepada seluruh hadirin yang berbahagia, acara halal bihalal ini akan diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an, kemudian sambutan-sambutan, ramah tamah, dan silaturahmi.

Contoh Kelima

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat pagi, para tamu undangan yang berbahagia.

Alhamdulillah, segala puji dan syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada hari yang penuh berkah ini kita dapat berkumpul di sini dalam rangka Halal Bihalal Idul Fitri 1445 Hijriah.
Shalawat serta salam senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, kepada keluarga, sahabat, dan pengikutnya hingga akhir zaman.

Hadirin sekalian,
Hari ini merupakan hari yang istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia, karena kita baru saja merayakan Hari Raya Idul Fitri yang penuh kemenangan dan kebahagiaan.
Momen Idul Fitri ini merupakan momen yang tepat untuk saling memaafkan dan bersilaturahmi, mempererat tali persaudaraan dan memperkuat ukhuwah Islamiyah di antara kita.

Itulah 5 contoh teks mukadimah halal bihalal Idul Fitri singkat. Semoga bermanfaat.

Topik Menarik