Ini Mantra Sakti Shin Tae-yong yang Bikin Timnas Indonesia U-23 Kalahkan Australia

Ini Mantra Sakti Shin Tae-yong yang Bikin Timnas Indonesia U-23 Kalahkan Australia

Olahraga | inews | Jum'at, 19 April 2024 - 07:24
share

DOHA, iNews.id Shin Tae-yong mengucapkan mantra sakti yang bikin Timnas Indonesia U-23 mampu mengalahkan Australia 1-0 pada matchday 2 Grup A Piala Asia U-23 2024. Apa itu?

Tim Garuda Muda dengan gagah berani meladeni permainan Tim Kanguru di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Kamis (18/4/2024) malam. Para suporter Timnas Indonesia U-23 sempat dibuat terdiam menghela napas saat wasit menunjuk titik penalti karena Komang Teguh tertangkap handball oleh Video Assistant Referee (VAR) pada menit ke-25.

Beruntung, kiper Indonesia Ernando Ari Sutaryadi mampu memblok eksekusi penalti striker Timnas Australia U-23 Mohamed Toure.

Momen itu membuat pasukan Garuda Muda tambah bersemangat. Rizky Ridho dan kolega dengan percaya diri membombardir pertahanan Australia dengan serangan balik cepat. Hasilnya, Indonesia menang 1-0 lewat gol tandukan Komang Teguh memaksimalkan tendangan voli Nathan Tjoe-A-On pada menit ke-45.

Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong (STY) girang menyambut kemenangan ini. Pasalnya, dia sadar Australia bukanlah tim yang mudah ditaklukkan.

Australia tim yang sangat bagus. Mereka mempunyai fisik yang bagus, terutama dalam kecepatan, skill individu dan teknik yang baik, ujarnya dalam jumpa pers usai pertandingan.

Kami sudah tahu akan melalui ujian yang berat. Itu sangat berat, tuturnya lagi.

Ya, usai kebobolan, Australia memang tampil lebih agresif sejak awal babak kedua. Berbagai peluang berhasil mereka hasilkan. Namun, Ernando Ari tampil bak pahlawan. Kiper Persebaya Surabaya itu berkali-kali menggagalkan setiap peluang lawan.

STY menyebut, persiapan mental menjadi kunci utama kemenangan timnya. Berbagai kalimat motivasi yang diucapkannya sebelum laga bak menjadi mantra sakti yang membuat pasukan Garuda Muda bermain dengan daya juang tinggi tanpa kenal Lelah.

Saya mengatakan sebelum pertandingan (kepada pemain), kita tidak boleh menyerah, dan harus selalu percaya diri, kata STY.

Saya selalu mengatakan kita harus mempersiapkan mental yang kuat, dan mereka berhasil melakukannya dengan baik. Mereka berjuang dengan usaha yang luar biasa besar, dan kita terus berkembang. Itu salah satu alasan kita bisa memenangkan pertandingan, ujarnya.

Kemenangan ini membuat Indonesia naik ke peringkat kedua dengan poin 3. Sementara Australia harus lengser ke peringkat 3 dengan poin 1, setara dengan Yordania yang kalah 1-2 dari sang pemuncak klasemen Qatar yang meraup poin 6.

Dengan begitu, satu tiket ke perempat final sudah pasti menjadi milik Qatar. Indonesia hanya butuh hasil imbang untuk bisa menemani tuan rumah melaju ke 8 besar.

Perjuangan Garuda Muda akan berlanjut dengan meladeni Timnas Yordania U-23 pada matchday 3 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Minggu (21/4/2024) pukul 22.30 WIB.

Topik Menarik