Menlu Retno: RI-China Kerja Sama Perkuat Tangani Kejahatan Online Scam

Menlu Retno: RI-China Kerja Sama Perkuat Tangani Kejahatan Online Scam

Terkini | inews | Kamis, 18 April 2024 - 11:24
share

JAKARTA, iNews.id - Indonesia dan China sepakat kerja sama memperkuat penanganan kejahatan lintas batas terutama online scam. Mengingat, banyak Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban online scam.

Penguatan kerja sama ini setelah adanya pertemuan antara Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dan Menlu China Wang Yi. 

“Dalam konteks kerja sama bilateral, kita juga membahas kerja sama penanganan kejahatan lintas batas terutama online scam,” kata Retno di Gedung Nusantara, Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Kamis (18/4/2024).

Retno menyampaikan pentingnya kerja sama kawasan termasuk dengan China dalam penanganan kejahatan ini di mana banyak warga negara Indonesia yang menjadi korban. 

“Saya juga mengajak RRT untuk melakukan kerja sama di bidang pencegahan agar korban tidak terus berjatuhan," katanya.

Lebih lanjut, Retno mengatakan bahwa hubungan kemitraan Indonesia dan China sudah terjalin sejak lama. 

“Jadi kita sudah memiliki plan of action sebagai guidance kerja sama kita sampai tahun 2022. Dan ini merupakan turunan dari kemitraan yang telah kita sepakati pada 2022,” katanya.

Selain itu, kata Retno, akan ada penguatan kerja sama di bidang investasi termasuk hilirisasi industri, transisi energi, ketahanan pangan, bahkan juga non ekonomi di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).

“Bidang investasi tadi saya sebutkan bahwa sektor prioritas antara lain adalah di bidang hilirisasi industri, transisi energi, ketahanan pangan dan juga infrastruktur. Sementara di non ekonomi kerjasama IPTEK sosial budaya juga akan ditingkatkan. Di regional dan multilateral kita bersama akan memperkuat multilateralisme dan mendorong paradigma kolaborasi,” pungkasnya.

Topik Menarik