Tips MotionTrade: Intip Tiga Keuntungan Investasi di Exchange Traded Fund

Tips MotionTrade: Intip Tiga Keuntungan Investasi di Exchange Traded Fund

Ekonomi | inews | Kamis, 18 April 2024 - 11:24
share

JAKARTA, iNews.id - MNC Sekuritas merupakan perusahaan efek di bawah naungan MNC Group, yang saat ini mayoritas saham nya dimiliki oleh PT Motion Digital Technology dan perusahaan sekuritas terbaik yang memiliki reputasi serta mendapat beragam penghargaan. Berkenaan dengan hal tersebut, MNC Sekuritas aktif mendukung penciptaan investor baru di pasar modal dengan menyediakan beragam instrumen investasi, seperti saham, reksa dana, obligasi, dan produk turunan lainnya.

Salah satu produk turunan pasar modal yang bisa menjadi pilihan investor adalah Exchange Traded Fund (ETF). Bagi investor pemula, mungkin instrumen investasi ini jarang terdengar. Di Indonesia, ETF mulai diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2007 dengan indeks yang dijadikan underlying yaitu indeks LQ45.

Produk ETF mirip dengan reksa dana, namun keduanya berbeda. ETF berbentuk kontrak investasi kolektif yang unit penyertaannya diperdagangkan di Bursa Efek. Meskipun ETF mirip dengan reksa dana, mekanisme transaksinya seperti saham.

ETF merupakan penggabungan antara unsur reksa dana dalam hal pengelolaan dana dengan mekanisme saham dalam hal transaksi jual maupun beli. Transaksi ETF ini dapat dilakukan di pasar perdana maupun pasar sekunder.

ETF memiliki banyak keunggulan yang tidak kalah menarik dibandingkan dengan reksa dana biasa. MotionTrade telah merangkum 3 keuntungan berinvestasi di Exchange Traded Fund yang dapat Anda ketahui, yaitu:

1. Fleksibel
Investor dapat memperjualbelikan ETF selama jam perdagangan bursa. Mekanisme transaksinya mirip seperti saham.

2. Diversifikasi
Investor melakukan diversifikasi portofolio secara tidak langsung saat berinvestasi pada instrumen ETF. Memiliki 1 ETF setara dengan memiliki puluhan saham-saham unggulan. Misalnya, memiliki ETF Indeks LQ45 berarti memiliki portofolio yang terdiri dari 45 saham yang merupakan konstituen indeks LQ45.

3. Transparan
Informasi mengenai ETF dapat diakses kapanpun dan dimanapun selama jam perdagangan bursa. Anda bisa mendapatkan informasi update dan bertransaksi produk ETF melalui aplikasi online trading MNC Sekuritas yaitu MotionTrade. Transaksi produk ETF dapat dilakukan melalui Menu Fund dengan kode ticker X.

Selain bertransaksi ETF dengan keunggulan tersebut, Anda juga berkesempatan memenangkan reward dari Bursa Efek Indonesia senilai total Rp 250 juta! Hadiah yang diberikan kepada investor yang aktif bertransaksi produk derivatif yaitu ETF atau Waran Terstruktur. Periode transaksi hingga 15 September 2024. Informasi selengkapnya mengenai syarat dan ketentuan, dapat dilihat melalui link bit.ly/IDXinvestorrewardprogram.

Nikmati layanan investasi saham dan reksa dana dari #MNCSekuritas dengan segera mengunduh aplikasi MotionTrade dan jelajahi seamless experience. Aplikasi MotionTrade dapat diunduh di Google PlayStore dan Apple AppStore dengan link unduh onelink.to/motiontrade . MNC Sekuritas, Invest with The Best!

Topik Menarik