Jokowi Tunjuk Luhut Jadi Koordinator Investasi Apple di IKN

Jokowi Tunjuk Luhut Jadi Koordinator Investasi Apple di IKN

Ekonomi | inews | Rabu, 17 April 2024 - 14:34
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menyebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan sebagai koordinator investasi smart city Apple di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Pada pertemuan dengan CEO Apple Tim Cook di Istana Kepresidenan, Jokowi meminta Apple untuk berpartisipasi dan berinvestasi pada proyek smart city di ibu kota baru.

"Teknisnya di kementerian, Bapak Presiden menugaskan Pak Luhut sebagai koordinator (investasi Apple di IKN)," ujar Agus di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/4/2024).

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menyebut, selain mengajak Apple beraprtisipasi di IKN, pemerintah juga mendorong perusahaan teknologi itu untuk membangun pabrik di Tanah Air.

"Tadi Pak Presdien mengajak Apple ke (CEO) Tim Cook untuk berpartisipasi dalam pengembangan smartcity di IKN, jadi salah satunya itu termasuk kemungkinan proses manufakturing Apple dilakukan di Indonesia," ucapnya.

Budi menambahkan, penggemar telepon seluler Apple cukup banyak di Indonesia. Sehingga, diharapkan Indonesia tidak hanya melakukan impor saja, tetapi dapat ikut dalam proses produksi untuk meningkatkan pendapatan negara. 

"Nilai investasi sekitar Rp1,2 triliun (investasi Developer Center). Tapi dari komitmen dan keseriusan mereka juga berharap Indonesia terlibat dalam proses produksi dan pengembangan lebih lanjut karena Tim Cook mengatakan di China itu udah 30 tahun manufakturnya. Jadi bukan persoalan yang mudah, tapi ini kan kita kalau ada kemauan bisa," tuturnya.

Topik Menarik