Rambah Pasar Indonesia, GAC Bakal Luncurkan 2 Mobil Listrik di GIIAS 2024

Rambah Pasar Indonesia, GAC Bakal Luncurkan 2 Mobil Listrik di GIIAS 2024

Otomotif | inews | Selasa, 16 April 2024 - 14:25
share

JAKARTA, iNews.id - Masuk pasar otomotif Indonesia, pabrikan mobil asal China, GAC Aion New Energy Automobile Co Ltd langsung tancap gas. Menggandeng Indomobil Group, mereka akan meluncurkan empat mobil listrik pada tahun ini.

Dua di antaranya akan melantai dalam pameran otomotif GIIAS 2024 di ICE BSD City, Tangerang, pada Juli mendatang. Ini diungkapkan Andry Ciu, CEO PT Indomobil Energi Baru di Jakarta.

Model pertama yang akan dibawa ke Indonesia adalah Aion Y Plus dan Hyper HT, ujar Andry kepada jurnalis.

Andry menjelaskan Aion Y Plus dan Hyper HT diboyong lebih dulu karena dinilai cocok dengan konsumen di Indoneia. Terlebih, segmen Sport Utility Vehicle (SUV) saat ini tengah naik daun.

GAC sendiri akan membawa dua merek mobil listrik, yaitu Aion dan Hyper. Dalam kerja samanya, Indomobil akan menangani distribusi, penjualan dan suku cadang mobil GAC.

Sejalan dengan komitmen Indomobil Group dan peran aktif korporasi dalam mengurangi emisi karbon, kami mempersembahkan GAC Aion sebagai salah satu dari tiga manufaktur kendaraan listrik besar di dunia, ujar Presiden Direktur Indomobil Group Jusak Kertowidjojo.

Diketahui, GAC Group merupakan salah satu grup otomotif dengan rantai industri terlengkap di China. Perusahaan ini memiliki empat merek mobil penumpang besar di Tiongkok, yaitu GAC Toyota, GAC Honda, GAC Motor dan GAC Aion. Di China, Aion merupakan merek mobil terlaris kedua setelah BYD.

"Saya ingin memperkenalkan GAC Aion. Sebagai anak perusahaan GAC Group yang didirikan pada 2017, kami bertujuan menjadi merek kendaraan listrik cerdas kelas dunia dan pengembangan ICV (smart connected vehicle), ujar Managing Director GAC Aion, New Energy Automobile Co Ltd, Gu Hui Nan.

Dia menuturkan perusahaan telah mempertahankan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan rata-rata sebesar 120 persen dengan lebih dari 480.000 kendaraan terjual pada 2023. GAC Aion berhasil mencatat volume penjualan sebanyak 1 juta kendaraan hanya dalam waktu 4 tahun 8 bulan, menciptakan rekor baru di dunia.

Perusahaan mempercepat implementasi strategi globalisasi pada 2023, dan kini telah memasuki pasar ASEAN, yakni Thailand, Malaysia, Singapura, Kamboja, Vietnam, dan Filipina. GAC Aion akan berinvestasi membangun basis manufaktur di Thailand dan Indonesia. Kedua pabrik ini selain untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri masing-masing negara, juga berorientasi ekspor.

Rencananya mobil Aion dan Hyper akan dirakit (CKD) di Indonesia di fasilitas milik Indomobil Group. Pabrik akan diperluas dengan target kapasitas produksi 30.000 unit per tahun.

Topik Menarik