Respons Jokowi soal Namanya Disebut-sebut dalam Sidang MK

Respons Jokowi soal Namanya Disebut-sebut dalam Sidang MK

Terkini | inews | Kamis, 28 Maret 2024 - 17:00
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons soal namanya disebut-sebut dalam sidang sengketa hasil Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK). Sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) telah digelar di MK sejak Rabu (27/3/2024).

Meski namanya disebut-sebut, Jokowi mengaku tak ingin berkomentar mengenai hal tersebut.

"Saya tidak mau berkomentar yang berkaitan dengan MK," kata Jokowi di Ancol, Jakarta, Kamis (28/3/2024).

Sebelumnya, Tim Hukum Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) menilai Presiden Jokowi menjalankan beberapa agenda untuk melanggengkan kekuasaan. Hal itu disampaikan saat sidang perdana sengketa hasil Pilpres 2024.

Tahap pertama, melalui wacana jabatan presiden selama tiga periode dengan berbagai instrumen, kata Ketua Tim Hukum AMIN, Ari Yusuf Amir dalam sidang.

Sementara itu, Ketua tim hukum pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Todung Mulya Lubis mengatakan, Pilpres 2024 hanya menjadi aksi teatrikal belaka. Penyebabnya, banyak pelanggaran termasuk dugaan nepotisme yang dilakukan Presiden Jokowi.

Nepotisme yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo dalam Pilpres 2024 dilakukan begitu rapi secara terstruktur, sistematis, dan masif yang pada akhirnya membuat Pilpres 2024 hanya menjadi aksi teatrikal belaka, kata Todung, Rabu (27/3/2024).

Todung mengatakan, tercatat ribuan pelanggaran pemilihan umum pada tahap pra-pemilihan sangat serius dan memengaruhi perilaku pemilih yang mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada tanggal 14 Februari 2024.

Topik Menarik