Kakorlantas Imbau Masyarakat Tak Mudik Pakai Motor, Angka Kecelakaan Tinggi

Kakorlantas Imbau Masyarakat Tak Mudik Pakai Motor, Angka Kecelakaan Tinggi

Terkini | inews | Selasa, 5 Maret 2024 - 14:05
share

JAKARTA, iNews.id - Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Aan Suhanan mengimbau masyarakat untuk tidak mudik lebaran 2024 menggunakan sepeda motor. Sebab, angka kecelakaan yang melibatkan sepeda motor tinggi yakni mencapai 74 persen.

"Melihat angka kecelakaan lalu lintas yang ada di kita 74 persen sepeda motor menjadi korban atau terlibat kecelakaan lalu lintas," kata Aan usai Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan Pengelolaan Arus Lalu Lintas Mudik-Balik Lebaran 2024 di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (5/3/2024).

Dia menyarankan masyarakat menggunakan moda transportasi lain untuk mudik. "Artinya dengan data tersebut sebaiknya teman-teman masyarakat Indonesia yang akan mudik itu tidak menggunakan sepeda motor karena sangat potensial terjadi kecelakaan lalu lintas," ucapnya.

Menurutnya, masyarakat juga bisa menggunakan fasilitas mudik gratis yang disediakan oleh pemerintah hingga swasta.

"Dari kita Kemenhub, BUMN, dan teman-teman yang lain menyiapkan mudik gratis, salah satu upaya untuk mengurangi masyarakat kita yang akan mudik menggunakan sepeda motor," kata dia. 

Sebagai informasi, rakor tersebut digelar untuk mempersiapkan Operasi Ketupat 2024 oleh Korlantas polri. Beberapa upaya yang dilakukan salah satunya melakukan survei jalan guna memetakan sejumlah hambatan. 

"Kita melakukan survei kesiapan jalur, operasional, personel dan seluruh saran dan prasarana. Sehingga kita bisa memitigasi, memetakan hambatan-hambatan apa yang mungkin timbul selama Operasi Ketupat 2024 nanti," tuturnya.

Topik Menarik