Pria di Jakbar Tawarkan Jasa Nasab Habib Palsu, Catut Nama Rabithah Alawiyah

Pria di Jakbar Tawarkan Jasa Nasab Habib Palsu, Catut Nama Rabithah Alawiyah

Berita Utama | inews | Sabtu, 2 Maret 2024 - 16:28
share

JAKARTA, iNews.id - Unit IV Subdit IV Tipid Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya menangkap seorang pria berinisial JMW (24) yang diduga telah menduplikasi logo Rabithah Alawiyah untuk membuat website palsu. Website tersebut digunakan untuk menipu korban dengan modus menjanjikan nasab semua habib atau keturunan Nabi Muhammad SAW.

Menurut Dirkrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, pelaku membuat blogspot palsu dengan nama https://maktabdaimi.blogspot.com/?m=1 dan mencantumkan logo Rabithah Alawiyah.

Blogspot tersebut menawarkan jasa untuk memasukkan nama korban ke dalam daftar nasab habib di Rabithah Alawiyah dengan biaya Rp4.000.000 per nama.

"Pemilik blogspot tersebut menduplikasikan logo milik Rabithah Alawiyah sehingga seolah-olah adalah blogspot resmi dari Rabithah Alawiyah, kemudian seseorang yang menguasai/memiliki blogspot tersebut menawarkan apabila ada orang yang ingin namanya terdaftar di Rabithah Alawiyah bisa mengurus melalui jalur belakang (jalur tidak resmi) di blogspot tersebut," kata Ade Safri, Sabtu (2/3/2024).

Ade menjelaskan pelaku diamankan di kediamannya kawasan Kampung Bulak Simpul, Kalideres, Jakarta Barat pada Rabu (28/2). Selain itu tim Subdit Siber Ditreskrimsus juga melakukan penggeledahan semua alat elektronik milik pelaku dan ditemukan jejak digital.

"Berdasarkan hasil analisa dan hasil penyelidikan, tim penyidik mendatangi alamat yang diduga rumah target di kawasan kampung Bulak Simpul, Kalideres, Jakarta Barat. Sesampai di TKP tim berkoordinasi dengan RT setempat dan selanjutnya tim melakukan penggeledahan terhadap device target," katanya.

Lebih lanjut, Ade mengungkap pelaku JMW disangkakan Pasal 35 Jo 51 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik (ITE).

Topik Menarik