Smelter Freeport Gresik Bakal Beroperasi, Jokowi Janji Bakal Rekrut 20.000 Anak Muda

Smelter Freeport Gresik Bakal Beroperasi, Jokowi Janji Bakal Rekrut 20.000 Anak Muda

Ekonomi | inews | Sabtu, 2 Maret 2024 - 12:49
share

JAKARTA, iNews.id - Smelter Freeport yang berlokasi di Gresik, Jawa Timur akan segera beroperasi pada Juni mendatang. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun berjanji akan merekrut 20.000 anak muda untuk bekerja di sana.

Hal ini disampaikan Jokowi di Muktamar Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah XX, Palembang, Jumat (1/3/2024). Menurut Jokowi kehadiran smelter Freeport dapat memberikan banyak manfaat bagi perekonomian Indonesia.

Pasalnya, selama ini Indonesia hanya mengekspor barang mentah. Padahal, jika diolah di dalam negeri dan diekspor akan menambah nilai jualnya sehingga Indonesia kehilangan kesempatan nilai tersebut selama ini.

Sembilan tahun lalu saya paksa membangun yang namanya industri smelter. Tidak mudah mengajak mereka membangun industri tersebut karena sudah lama mereka mengirim bahan mentah ke Jepang, Spanyol karena ada smelternya di sana, ucap dia dikutip iNews.id.

Tak cuma itu, kata eks Gubernur DKI Jakarta ini, Indonesia juga kehilangan kesempatan lapangan kerja bagi generasi muda.

Berarti kita kehilangan nilai tambah. Kedua kehilangan yang namanya kesempatan kerja bagi anak bangsa, tutur dia.

Maka dari itu, Jokowi berjanji akan merekrut hingga 20.000 anak muda untuk bekerja di Smelter Freeport Gresik. Dengan begitu, nilai yang sempat hilang akan kembali ke dalam negeri.

Juni di tahun ini industri smelter yang akan mengolah tembaga dan mungkin ada emasnya bertahun-tahun akan mulai beroperasi dan akan merekrut anak-anak muda kita mungkin ada lebih dari 15.000 atau 20.000 untuk bekerja di sana dan nilai tambahnya juga melonjak, kata Jokowi.

Topik Menarik