Doa Mustajab setelah Sholat Jumat, Teks Arab, Latin, dan Artinya serta Keutamaan

Doa Mustajab setelah Sholat Jumat, Teks Arab, Latin, dan Artinya serta Keutamaan

Terkini | inews | Jum'at, 1 Maret 2024 - 10:06
share

JAKARTA, iNews.id - Hari Jumat merupakan waktu utama untuk berdoa. Berikut ini bacaan doa setelah sholat Jumat yang dianjurkan untuk muslim amalkan.

Doa setelah sholat Jumat merupakan amalan sunnah yang memiliki keutamaan.

Di dalam kitab-kitab tersebut sekaligus dijelaskan tentang keutamaan membaca dzikir dan doa setelah sholat Jumat ini. Di antaranya akan dijaga keimanannya oleh Allah selama hidupnya, dijauhkan dari keburukan hingga Jumat berikutnya. Bahkan akan dicukupkan kebutuhannya dan diberikan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.

Seperti diriwayatkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Bukhari.

Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam membicarakan mengenai hari Jumat lalu ia bersabda, Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut. (HR. Bukhari no. 935 dan Muslim no. 852, dari sahabat Abu Hurairah).

Selesai shalat Jumat sebelum lisan mengucapkan sesuatu, Muslim dianjurkan untuk membaca surat-surat pendek dalam Alquran yakni surat Al Fatihah, Al ikhlas, Al Falaq, dan An Naas. Masing-masing 7 kali setelah mengucap salam dari shalat Jumat sebelum dia melipat kedua kakinya.

Setelah itu, dilanjutkan dengan membaca doa setelah sholat Jumat seperti berikut yang dilansir dari Buku Tanya Jawab PISD-KTB.

Doa Mustajab Setelah Sholat Jumat

Allahumma ya ghaniyyu ya hamiid yaa mubdiu ya muiid ya rahiimu ya waduud aghnina bi halalika an haramik wa bithaatika an masiyatik wa bifadhlika amman siwaaka".

Artinya: Ya Allah, Yang Mahakaya, Mahaterpuji, Mahapencipta, Mahakuasa Mengembalikan, Mahapenyayang, dan Mahakasih. Cukupi aku dengan harta halal-Mu, bukan dengan yang haram. Isilah hari-hariku dengan taat kepada-Mu, bukan mendurhakai-Mu. Cukupi diriku dengan karunia-Mu, bukan selain-Mu.

Keutamaan Doa Setelah Sholat Jumat

Ada banyak keutamaan membaca doa setelah sholat Jumat seperti disebutkan dalam sejumlah hadits Nabi berikut.

1. Dijaga dari Kejelekan

Diriwayatkan dari Siti Aisyah Radhiallahu Anha dalam kitab Bughyah al-Mustarsyidiin I/175:

- - : (): * ( ) * * ( ) * * ( ) * .

Artinya: Telah datang dari Aisyah ra ia berkata : Bersabda rasulullaah shallallaahu alaihi wa sallam Barang siapa membaca setelah shalat Jumat Qul huwa Allaahu ahad, Qul Auudzu bi Robbil Falaq, Qul Auudzu bi Robbin Naas, masing-masing tujuh kali, Allah menjaganya dari kejelekan hingga jumat berikutnya.

2. Dicukupkan Rezeki

- -: : . .

Barkata Ibn Masud ra barangsiapa berdoa setelah membaca surat-surat diatas dengan doa allaahumma yaa ghaniyyu yaa hamiid, yaa mubdi-u yaa muiid, yaa rahiimu yaa waduud, aghninii bifadhlika amman siwaak, wa bi halaalika an haraamik, Allah cukupkan dirinya dan dikarunia rezki dari hal yang tidak terduga

3. Dicukupkan hingga Jumat Berikutnya

- -: : . .

Berkata Sahabat Anas ra Barang siapa berdoa dihari jumat sebanyak tujuh kali aghninii bifadhlika amman siwaak, wa bi halaalika an haraamik, Tidak terlewati olehnya dua jumatan hingga dia dicukupi oleh Allah Taaala.

Topik Menarik