Guru Besar UNJ Ikut Aksi Rawamangun Bergerak: Kampus Harus Bersuara yang Benar!

Guru Besar UNJ Ikut Aksi Rawamangun Bergerak: Kampus Harus Bersuara yang Benar!

Berita Utama | inews | Rabu, 28 Februari 2024 - 01:30
share

JAKARTA, iNews.id - Guru besar Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Prof Hafidz Abbas, ikut turun dalam aksi mahasiswa dan sivitas akademika yang bertajuk Aksi Rawamangun Bergerak, Rabu (28/2/2024). Hafidz mengatakan, kampus memang harus bersuara yang benar.

"Kampus itu harus bersuara yang benar, mereka harus menikmati kebebasan akademik dan kebebasan intelektual," ujar Hafidz.

Hafidz mengatakan, kampus bersuara berdasarkan suara dari masyarakat. Tugas dari insan sivitas akademika adalah bersuara ketika ada masalah di masyarakat.

Dia meminta agar suara dari kampus ini tidak dicurigai ditunggangi kepentingan politik.

"Jika ada krisis seperti harga beras naik, kami insan sivitas akademika harus bersuara. Masyarakat menangis, masyarakat terancam pula masa depannya di negeri ini, pertikaian politik masih berlangsung. Jadi kampus ini jangan dicurigai (ditunggangi kepentingan politik) karena ini bentuk pengabdian kepada rakyat," katanya.

Hafidz menegaskan, aksi ini juga bentuk panggilan kepada insan sivitas akademika dari kampus-kampus di seluruh Indonesia untuk turut bergerak.

"Suara kampus adalah suara kebebasan ilmiah, semoga suara ini didengar oleh seluruh rakyat Indonesia dan mungkin akan diikuti oleh kampus-kampus lainnya," kata Hafidz.

Topik Menarik