Niat Puasa Nisfu Syaban Lengkap Tata Cara dan Keutamaannya

Niat Puasa Nisfu Syaban Lengkap Tata Cara dan Keutamaannya

Terkini | inews | Sabtu, 24 Februari 2024 - 22:16
share

JAKARTA, iNews.id - Salah satu amalan Nisfu syaban yakni melaksanakan puasa sunnah karena banyak keutamaannya. Berikut ini niat Puasa Nisfu lengkap dengan tata cara dan doa berbuka.

Bulan Syaban merupakan satu bulan yang berada tepat sebelum bulan Ramadhan. Ada yang menyebut, bulan Syaban menjadi bulan untuk mempersiapkan diri menyambut Ramadhan.

Berdasarkan kalender Hijriah, puasa Nisfu Syaban 2024 jatuh pada Minggu 25 Februari 2024. Nisfu Syaban artinya pertengahan Bulan Syaban.

Direktur Aswaja Center PWNU Jatim, KH Ma'ruf Khozin dalam buku kecil berjudul Mana Dalil Nishfu Syaban menjelaskan, Puasa Nisfu Syaban dianjurkan untuk dikerjakan karena termasuk hari-hari purnama atau ayyamul bidh (tanggal 13-14-15 Hijriyah) yang dianjurkan untuk berpuasa di setiap bulan.

Dalil puasa Nisfu Syaban disebutkan dalam Sunan Ibnu Majah.

Dari [Ali bin Abu Thalib] ia berkata, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: Apabila malam nisfu Syaban (pertengahan bulan Syaban), maka shalatlah di malam harinya dan berpuasalah di siang harinya. Sesungguhnya Allah turun ke langit bumi pada saat itu ketika matahari terbenam, kemudian Dia berfirman: Adakah orang yang meminta ampun kepada-Ku, maka Aku akan mengampuninya? Adakah orang yang meminta rezeki maka Aku akan memberinya rezeki? Adakah orang yang mendapat cobaan maka Aku akan menyembuhkannya? Adakah yang begini, dan adakah yang beginihingga terbit fajar.

Nah, bagi muslim yang ingin menjalankan ibadah Puasa Nisfu Syaban, perlu mengetahui bacaan niatnya agar semakin Afdhal dan diterima ibadahnya.

Niat Puasa Nisfu Syaban

Arab: .

Latin: nawaitu shauma ghadin 'an syahri sya'ban sunnatan lillaahi ta'ala.

Artinya : Saya niat berpuasa besok dari bulan Syaban sunnah karena Allah Ta'ala.

Niat puasa itu sebaiknya dibaca pada malam hari atau setelah makan sahur. Namun, jika lupa boleh diniatkan pada pagi hari dengan syarat belum makan atau minum.

Tata Cara Puasa Nisfu Syaban

1. Melafalkan niat

Muslim yang ingin melakukan puasa Nisfu Syaban harus melafazkan niat yang telah dijelaskan sebelumnya. Niat tersebut bisa dibaca pada malam hari atau saat melakukan sahur.

Bisa juga dibaca saat pagi hari ketika seseorang lupa melafalkannya sebelum terbit fajar. Namun jika demikian, orang tersebut harus dalam keadaan belum makan dan minum sama sekali.

2. Makan sahur.
3. Menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa.
4. Menyegerakan Berbuka Puasa

Jika waktu magrib tiba, dianjurkan untuk menyegerakan berbuka puasa dengan membaca doa buka puasa berikut ini:

.

Allahumma laka shumtu wabika aamantu wa 'ala rizqika afthartu dzahabadhdhomau wabtallatil 'uruuqu wa tsabatal ajru insyaa Allah.

Keutamaan Puasa Nisfu Syaban

Puasa Nisfu Syaban memiliki banyak keutamaan sebagaimana disebutkan dalam beberapa hadits Nabi SAW.

Dikutip dari Pusat Kajian Hadis, Imam Tirmidzi meriwayatkan bahwa puasa Syaban termasuk di dalamnya Nisfu syaban merupakan puasa yang terbaik setelah Ramadhan. Rasulullah SAW bersabda:

Telah menceritakan kepada kami [Muhammad bin Ismail] telah menceritakan kepada kami [Musa bin Ismail] telah menceritakan kepada kami [Shadaqah bin Musa] dari [Tsabit] bin [Anas] dia berkata, Nabi Shallallaahu alaihi wasallam ditanya tentang puasa yang paling utama setelah Ramadlan, Beliau menjawab: Bulan Syaban untuk memuliakan Ramadlan, Beliau ditanya lagi, lalu Shadaqah apa yang paling utama? Beliau menjawab: Shadaqah di bulan Ramadlan. Abu Isa berkata, ini adalah hadits gharib dan menurut ahlul hadits Shadaqah bin Musa bukanlah rawi yang kuat.

Itulah ulasan Niat Puasa Nisfu Syaban 2024 beserta keutamaannya yang dianjurkan untuk dikerjakan.

Wallahu A'lam

Topik Menarik