Modal Utama Aset Sekolah Guru Penggerak Guna Membangun Pendidikan yang Baik 

Modal Utama Aset Sekolah Guru Penggerak Guna Membangun Pendidikan yang Baik 

Terkini | inews | Sabtu, 24 Februari 2024 - 22:22
share

JAKARTA, iNews.id - Modal utama aset sekolah guru penggerak akan diulas berikut ini. Di era perubahan dunia pendidikan saat ini, guru dituntut untuk menjadi lebih dari sekedar pengajar.

Program Guru Penggerak jadi angin segar bagi dunia pendidikan. Sebab, gerakan ini disinyalir mampu melahirkan pemimpin-pemimpin pembelajar dalam menginisiasi perubahan ke arah yang lebih positif.

Untuk mewujudkan hal tersebut, guru membutuhkan berbagai hal. Termasuk aset-aset sekolah yang dapat dioptimalkan. Semua aset yang terlibat di dalamnya haruslah saling beriringan satu sama lain.

Nah, apa saja modal utama aset sekolah guru penggerak? Berikut iNews.id akan berikan ulasannya dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (23/2/2024).

Modal Utama Aset Sekolah Guru Penggerak

1. Modal Manusia

Modal manusia meliputi seluruh warga sekolah, yakni kepala sekolah, guru, siswa, tenaga kependidikan, hingga orang tua. Guru penggerak diharapkan mampu memetakan potensi dan kekuatan individu.

2. Modal Fisik

Modal fisik mencakup sarana prasarana, infrastruktur, dan teknologi yang dapat mendukung proses kegiatan belajar mengajar di sekolah. Guru penggerak diupayakan mampu merawat dan memanfaatkan fasilitas sekolah dengan optimal.

3. Modal Sosial

Media sosial merujuk kepada kepercayaan dan hubungan antar warga sekolah. Diharapkan guru dapat membangun komunikasi secara terbuka.

4. Modal Finansial

Modal finansial ini mencakup kepada sumber daya keuangan sekolah. Guru penggerak diharuskan mampu untuk mengelola dan merencanakan keuangan secara transparan. Guna sistem pembelajaran dapat berlangsung dengan baik.

5. Modal Lingkungan

Modal lingkungan meliputi lingkungan fisik di sekolah. Guru penggerak diharapkan mampu untuk menciptakan lingkungan dan situasi belajar yang baik dan nyaman.

6. Modal Agama dan Budaya

Modal satu ini merujuk kepada nilai-nilai luhur agama dan budaya yang dianut oleh masyarakat. Guru Penggerak mampu mengintegrasikan nilai-nilai pada dua hal tersebut di sistem pembelajaran di sekolah.

7. Modal Politik

Modal politik terkait dengan peraturan dan kebijakan yang telah diatur oleh pemerintah dan terkait dengan dunia pendidikan. Diharapkan guru penggerak mampu membangun relasi dengan pemangku kepentingan, dalam hal ini pemerintah.

Demikian ulasan mengenai modal utama aset sekolah guru penggerak. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik